Breaking News:

Gubernur Riau Syamsuar Geram,Truk Besar Sebabkan Jalan Rusak di Inhu dan Inhil, Apa Upaya Pemprov?

Gubri Syamsuar geram dan kesal melihat banyaknya truk besar yang melintas di ruas jalan raya yang menghubungkan Inhu dan Inhil

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
tribunpekanbaru/syaiful misgio
Gubernur Riau Gubri Syamsuar Gubernur Riau Syamsuar geram, truk-truk besar sebabkan jalan rusak di Inhu dan Inhil. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar geram dan kesal melihat banyaknya truk besar yang melintas di ruas jalan raya yang menghubungkan dua kabupaten, Indragiri Hiril (Inhil) dan Indragiri Hulu (Inhu).

Truk Over Dimensi dan Over Load (ODOL) tersebut diduga kuat penyebab rusaknya jalan di wilayah tersebut.

"Truk-truk yang kelebihan tonase ini kita sudah lakukan koordinasi dengan balai Kementerian Perhubungan, kiranya kendaraan Odol itu dipotong," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Jumat (16/7/2021).

Sejumlah ruas jalan yang ditinjau tersebut terdapat di tiga titik berbeda. Yakni di jalan lintas Tempuling-Teluk Kiambang di Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling. Jalan lintas Rengat-Tembilahan tepatnya di Kuala Cenaku. Kemudian di lintas di Air Molek inhu.

Khusus di Jalan Lintas Rengat-Tembilahan, kerusakan jalan disebabkan truk muatan berlebihan atau Over dimension and overload (Odol).

Truk Odol ini menjadi penyebab kerusakan jalan, khususnya di Jalan Lintas Rengat-Tembilahan yang tanahnya berkondisi rawa.

Terlebih badan jalan yang berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS), menjadi jalan labil karena muatan berlebihan.

Karena itu, Gubri mengaku sudah memerintahkan kepada Dinas Perhubungan menindak kendaraan yang tidak sesuai aturan.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) terkait abrasi Sungai Indragiri yang mengakibatkan jalan lintas Rengat-Tembilahan di Kuala Cenaku longsor.

Gubri Syamsuar mengatakan koordinasi itu guna mendapatkan solusi terkait abrasi yang setiap tahun menggerus badan jalan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved