Breaking News:

Hindari Bungkus Daging Kurban Pakai Kresek Hitam, Imbauan Pemko Dumai ke Pengurus Masjid, Apa Saja?

Hindari pakai kresek hitam untuk pembungkus daging kurban. Hal itu merupakan imbauan Pemko Dumai jelang perayaan Idul Adha 2021

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru/grafisdidik
Ilustrasi. Hindari bungkus daging kurban pakai kresek hitam, imbauan Pemko Dumai ke pengurus masjid. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Jangan pakai kresek hitam untuk pembungkus daging kurban. Hal itu merupakan imbauan Pemko Dumai jelang perayaan Idul Adha 2021.

Menyembelih hewan kurban, sapi atau kambing, menjadi rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha, ‎selanjutnya daging hewan kurban itu dibagikan kepada pihak yang membutuhkan.

Dalam pembungkusan daging kurban ada hal yang perlu diperhatikan agar aman bagi kesehatan, Pemerintah kota (Pemko) Dumai mengimbau kepada pengurus masjid dan musala maupun organisasi kesukuan agar membungkus daging kurban dengan pembungkus yang baik dan sehat.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai, Nurzerwan mengatakan, bahwa pembungkus daging kurban merupakan hal penting untuk diperhatikan.

Jangan sampai pembungkus bisa membuat gangguan kesehatan.

"Kalau bisa tak usah menggunakan kantong kresek berwarna hitam, sebagian besar kantong kresek tersebut merupakan hasil daur ulang plastik," ujarnya,, ‎Jumat (16/7/2021).

"Plastik daur ulang tersebut umumnya berasal dari limbah wadah bekas produk pangan, bahan kimia, pestisida, dan lain-lain," katanya.

Ia mengimbau masyarakat tak menggunakan kantong kresek untuk wadah pangan, termasuk daging.

Sebab kantong kresek hitam bukan untuk wadah pangan dikarenakan hasil dari plastik daur ulang yang belum jelas bahan apa yang digunakan.

Ada kemungkinan perpindahan bahan bahan berbahaya atau bahkan bersifat karsinogenik.

Menurutnya, jika terus menerus terpapar maka akan menimbulkan penyakit dan dapat mengganggu fungsi organ tubuh.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved