Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Setuju Pasar Cik Puan Diserahkan ke Swasta

Rencana Pemko menyerahkan ke pihak ketiga, untuk pembangunan Pasar Cik Puan, didukung DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Rencana Pemko Pekanbaru akan menyerahkan kepada pihak ketiga, untuk pembangunan dan pengelolaan Pasar Cik Puan, didukung legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru. FOTO: Warga melintas di areal pembangunan Pasar Cik Puan, Pekanbaru yang masih  terbengkalai, Selasa (15/6/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)  

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rencana Pemko Pekanbaru akan menyerahkan kepada pihak ketiga, untuk pembangunan dan pengelolaan Pasar Cik Puan, didukung legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru.

Apalagi sekarang ini Pemko sedang mempersiapkan, untuk tahapan tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST menegaskan, bahwa dia sangat sepakat Pasar Cik Puan dikelola pihak ketiga.

Ada beberapa alasan yang mengharuskan pasar yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai tersebut, diswastanisasikan.

Selain adanya kepastian akan pembangunan pasar tersebut, juga diharapkan keberadaan Pasar Cik Puan ini nanti, bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, pedagang dan pemerintah.

"Sejauh ini kita lihat, mana pasar yang dikelola pemerintah hidup. Hampir semuanya mati suri. Kita tidak ingin Pasar Cik Puan mengalami hal yang sama," tegas Sigit saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com, Jumat (16/7/2021).

Diserahkannya kepada pihak ketiga, bukan berarti tidak mengikuti regulasi yang ada. Terutama tidak memberatkan pedagang dalam hal sewanya.

"Tapi yang paling penting lagi, kita minta konstruksi bangunannya tidak mengikuti yang ada sekarang. Tapi dibangun baru saja. Bangunan yang terbengkalai sekarang, dirobohkan saja," pinta Sigit.

Ada beberapa alasan, bahwa bangunan sekarang harus dirobohkan.

Mengingat konstruksi bangunannya tidak aman lagi, juga luasan lahan yang ada sekarang, pasca lahan pasar ini sudah diserahkan Pemprov Riau ke Pemko Pekanbaru, harus dimanfaatkan secara maksimal.

Apalagi kemarin sempat mencuat wacana, akan dibangun 15 lantai, dengan pembagian kluster pedagangnya.

"Di masa pandemi sekarang ini, uang dari mana jika dibangun pakai APBD. Lagi pula, tidak jamin akan membawa keuntungan nantinya. Terutama PAD dan lainnya. Tapi yang paling penting, kami ingatkan dari sekarang, meski diserahkan ke swasta, pemerintah harus berpihak ke pedagang dalam hal sewanya nanti," tegas Politisi senior Partai Demokrat ini.

‘’Kalau secara bisnis dan mau profesional, kami mendukung pasar cik puan ini di swastanisasikan saja dengan kontrak yang disepakati dan tentu dapat merangkul semua pedagang nantinya,’’ harapan Sigit lagi. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved