Breaking News:

Tabur 8 Ton Garam, Modifikasi Cuaca Mitigasi Karhutla di Riau Berhasil, 58,9 Juta Kubik Hujan Turun

Modifikasi cuaca untuk mitigasi Karhutla di Riau dengan menabur 8 ton garam berhasil menurunkan 58,9 juta kubik air hujan

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Proses Teknologi Modifiaksi Cuaca di Riau menggunakan pesawat Casa 212 seri 200 milik AU. Setelah tabur 8 ton garam, modifikasi cuaca untuk mitigasi Karhutla berhasil menurunkan 58,9 juta kubik air hujan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tabur 8 ton garam, modifikasi cuaca untuk mitigasi Karhutla di Riau berhasil.

Dalam pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dimulai sejak 3 Juli sampai 12 Juli 2021 kemarin, berhasil menurunkan 58,9 juta kubik air hujan di Provinsi Riau.

TMC sendiri adalah suatu upaya untuk memasukkan bahan semai berupa garam NaCl ke dalam awan.

Hal ini dapat memancing potensi hujan yang lebih cepat dan lebih banyak dibanding dengan tanpa adanya penambahan bahan semai.

Kegiatan TMC ini dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC).

Kegiatan TMC dilakukan sebanyak 10 sorti atau trip penerbangan dengan jumlah jam terbang sebanyak 17 jam 15 menit. Dengan bahan semai sebanyak 8.000 kg atau 8 ton.

Operasional kegiatan TMC untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini, didukung pesawat TNI AU Casa-212 reg A-2103 dari Skadron 4 Malang, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, BPBD, dan BMKG yang saling bersinergi.

TMC bertujuan untuk menurunkan hujan yang dapat membasahi lahan gambut di Provinsi Riau.

Koordinator Lapangan TMC, Tukiyat menjelaskan, pada Senin, 12 Juli 2021 kemarin, dilakukan 1 sorti penerbangan ke daerah target yakni Kabupaten Pelalawan.

Pesawat diawaki pilot Lettu Pnb. Idhan/ Letda. Pnb. Edwin dengan flight scientist Budi Darmawan dan Tarida dari BBTMC.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved