Breaking News:

Gubernur Riau Instruksikan Bupati Walikota Tambah Kapasitas Tempat Tidur Pasien Covid-19 di RS

Gubernur Riau Syamsuar menginstruksikan bupati walikota menambah kapasitas tempat tidur pasien Covid-19 di RS.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Gubernur Riau Syamsuar menginstruksikan bupati walikota menambah kapasitas tempat tidur pasien Covid-19 di RS. Foto: Ruang Isolasi di RSD Madani Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar menginstruksikan bupati walikota menambah kapasitas tempat tidur pasien Covid-19 di RS.

Menyikapi lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Riau yang terjadi sejak beberapa terakhir ini berdampak terhadap naiknya jumlah keterisian tempat tidur atau BOR di rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di Provinsi Riau.

Guna mengantisipasi terjadinya kekurangan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan, Gubernur Riau Syamsuar meminta Bupati dan Walikota agar menambah jumlah tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 sebanyak 40 persen dari total tempat tidur yang tersedia di rumah sakit tersebut.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam surat edaran nomor: 134/SE/2021. Dalam surat edaran tanggal 16 Juli 2021 Gubri mengatakan langkah ini, salah satu upaya untuk mengantisipasi meningkatnya pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di provinsi Riau.

Juru bicara Satuan Tugas Pengendalian Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi, Minggu (18/7/2021) mengatakan, dengan adanya surat edaran Gubernur tersebut, saat ini semua rumah sakit di Provinsi sudah mempersiapkan penambahan kapasitas ruang isolasi 40 persen dari total jumlah tempat tidur.

"Harapan kita, jangan sampai terjadi lonjakan yang luar biasa, namun kita sudah menyiapkan kebutuhan ruang isolasi di Provinsi Riau,".

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hingga Minggu (18/7/2021) BOR ruang isolasi rumah sakit di Riau sudah mencapai 60 persen. Dari 1.907 tempat tidur yang tersedia, saat ini sudah terpakai 1.136 tempat tidur.

"BOR isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 di Riau terus mengalami peningkatan dan saat ini sudah mencapai 60 persen. Dari 1.907 tempat tidur yang disiapkan di rumah sakit rujukan Covid-19 hingga saat ini tersisa 771 tempat tidur lagi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Minggu (18/7/2021).

Sedangkan untuk tingkat keterisian atau BOR ruang ICU pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan Covid-19 di Riau lebih tinggi lagi, yakni 63 persen dari total tempat tidur yang tersedia.

"Untuk BOR ICU tersisa 86 tempat tidur lagi," ujar Mimi.

Rincianya untuk ruang ICU pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan Covid-19 di Riau total yang tersedia sebanyak 230 tempat tidur. Hingga saat ini yang sudah terpakai sebanyak 144 tempat tidur. Tersisa 86 tempat tidur lagi.

Sedangkan untuk BOR ICU yang memiliki fasilitas ventilator di Riau saat ini sudah mencapai 53 persen. Dari total 118 tempat tidur yang tersedia, saat ini sudah terpakai 62 tempat tidur, sehingga hanya tersisa 56 tempat tidur lagi.

"Yang paling tinggi itu adalah BOR untuk ICU non ventilator, itu sudah 73 persen BOR nya. Dari total 112 tempat tidur yang disiapkan 82 tempat tidur sudah terpakai, jadi tersisa 30 tempat tidur lagi," kata Mimi. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgiono).

Berita Riau lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved