Breaking News:

Hotspot di Riau Menggila Capai 55 Titik, Kebakaran Hutan dan Lahan Sudah Mulai di Rohil

Jumlah hotspot di Riau menggila jumlahnya pada Selasa, jumlahnya mencapai 55 titik, kebakaran hutan dan lahan sudah mulai di Rohil.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
Istimewa
Jumlah titik panas (Hotspot) di Riau menggila jumlahnya pada Selasa (20/7/2021), jumlahnya mencapai 55 titik, kebakaran hutan dan lahan sudah mulai di Rohil. FOTO ILUSTRASI: Hotspot 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jumlah titik panas (Hotspot) di Riau menggila jumlahnya pada Selasa (20/7/2021), jumlahnya mencapai 55 titik, kebakaran hutan dan lahan sudah mulai di Rohil.

Sedangkan di pulau sumatera total mencapai 136 titik.

Terbanyak di Riau terpantau di Rokan Hilir mencapai 47 titik, dilanjutkan di Bengkalis, Dumai Inhil masing-masing 2 titik dan Siak, Indragiri Hulu masing-masing 1 titik.

Selain di Provinsi Riau terbanyak hotspot juga terpantau di Sumatera Utara 68 titik, Sumsel 7 titik, Sumbar 3 titik, Bengkulu, Jambi dan Lampung masing-masing 1 titik.

Sehari sebelumnya kebakaran juga sudah mulai terjadi di Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir, ini terlihat dari beberapa postingan masyarakat dari Simpang Kanan Rohil.

Petugas sudah turun ke lokasi kebakaran melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut tersebut.

Sebelumnya Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Pekanbaru Ramlan mengatakan, saat ini sebagian wilayah Riau sudah memasuki musim kemarau kering.

Sehingga curah hujan juga sudah jauh turun dari biasanya.

"Iya saat ini, sebagian besar wilayah Riau sudah masuk musim kemarau, artinya curah hujan tidak lagi seperti biasanya, sudah jauh berkurang,"ujar Ramlan kepada tribunpekanbaru.com.

Menurut Ramlan, untuk musim kemarau provinsi Riau tahun ini dalam kondisi normal, artinya pengaruh La Nina ataupun El Nino dalam kondisi Netral.

Sehingga dibeberapa wilayah pada bulan Juni ini masih terjadi hujan yang sifatnya sesaat dalam lingkup tidak terlalu luas Sporadis.

"Ini terutama di beberapa wilayah di Rohul, Pelalawan, Dumai, Kampar , Siak, Inhu dan Pekanbaru, Musim kemarau diperkirakan juni sampai September 2021,"jelas Ramlan.

Untuk suhu udara cenderung lebih panas dari biasanya, karena suhu udara bisa mencapai 34.0 derajat, dengan kelelembapan udara pada 50 hingga 95 persen.(tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Berita Riau lainnya

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved