Breaking News:

Sapi Kurban Bupati Rohul Berbobot 150 Kg,Sebelum dan Sesudah Dipotong Hewan Diperiksa Tim Khusus

Sapi kurban Bupati Rokan Hulu Sukiman berbobot 150 Kg. Dibentuk tim khussu untuk memeriksa hewan kurban sebelum dan sesudah dipotong

Penulis: Syahrul | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Sejumlah sapi kurban nampak dikumpulkan di kompleks Masjid Agung Islamic Center.Sebelum dan sesudah dipotong, hewan kurban diperiksa tim khusus. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Hewan kurban Bupati Rokan Hulu Sukiman berbobot 150 Kg. Selain bupati, dari 28 OPD Pemkab Rohul tahun ini terkumpul sebanyak 70 ekor sapi, 1 ekor dari Bank Riau Kepri.

Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Rokan Hulu jelang pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H lakukan pemeriksaan.

Hewan kurban di Masjid Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu diperiksa, Senin (19/7/2021).

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, CH Agung Nugroho mengatakan bahwa pada beberapa hari yang lalu telah dibentuk tim pemeriksaan kesehatan hewan kurban oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan.

Pembentukan tim Pemeriksaan hewan kurban ini sesuai SK dengan nomor :KPTS/DISNAKBUN-UPK/2021, dan hari ini mereka sudah mulai bekerja untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban.

Dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban oleh tim, seluruh hewan kurban yang ada di Masjid Islamic Center diketahui dalam keadaan sehat tanpa ada penyakit satupun.

“Untuk kesehatan, secara keseluruhan semuanya sehat dan sudah bisa untuk disembelih pada hari Rabu nanti,” Kata Agung.

Agung menambahkan dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban, diketahui juga bahwa seluruh sapi yang akan disembelih di Islamic Center Pasirpengaraian tidak terpapar virus jembrana.

“Tidak ada yang terpapar virus jembrana, karena virus ini hanya bisa terpapar oleh sapi Bali saja, sehingga tidak dapat menular ke sapi lain apalagi ke manusia,” ujarnya.

Ketika ditanya terkait gejala apa saja yang diderita oleh sapi pengidap penyakit jembrana, Agung menjelaskan bahwa sapi yang telah tertular virus jembrana dapat dilihat secara kasat mata.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved