Breaking News:

Hiii, Cacing Hati Ditemukan pada 6 Hewan Kurban di Meranti, Orang Awam Bisa Mendeteksi, Ini Caranya

Cacing hati ditemukan pada 6 hewan kurban di Kepulauan Meranti saat pemeriksaan post mortem. Orang awam bisa juga mendeteksinya

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Petugas memeriksa daging kurban di sejumlah tempat penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7/2021) di Kepulauan Meranti. Ditemukan cacning hati pada 6 hewan kurban. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Ditemukan cacing hati pada 6 hewan kurban di Kepulauan Meranti saat pemeriksaan post mortem. Orang awam bisa juga mendeteksi, begini caranya.

Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kepulauan Meranti Riau menyebar petugas untuk memeriksa daging kurban (post mortem).

Petugas melakukan pemeriksaan ke sejumlah tempat penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1442 Hiriyah, Selasa (20/7/2021).

Tujuannya, untuk memastikan agar hewan kurban yang telah dipotong bebas penyakit sehingga aman dikonsumsi.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan,petugas menemukan cacing hati pada hewan kurban yang disembelih di sejumlah tempat.

Kepala Bidang Peternakan DKPTPP, Drh Syafrilia Wulandari, mengatakan, penyakit cacing hati yang berpotensi ada pada sapi dan kambing menjadi fokus pemeriksaan.

Cacing hati penyakit yang tidak bisa dilihat dari kondisi fisik hewan.

Syafrilia mengatakan pihaknya telah menyebar sejumlah petugas ke lokasi pemotongan hewan kurban di sejumlah daerah di Kepulauan Meranti.

Namun, ia mengakui, tidak semua tempat pemotongan dipantau petugas karena keterbatasan personil dan banyak lokasi pemotongan yang ada di perkampungan.

Sehingga diputuskan lokasi yang terjangkau saja.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved