Breaking News:

'Saya di PHK Gara-gara Corona', Sudah Cari Kerja Kemana-mana, Pria Ini Pilih Jadi Pemulung

Alex mengaku sempat berusaha mencari pekerjaan lain sampai akhirnya mendapat pekerjaan di sebuah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta.

Editor: Muhammad Ridho
Twitter @khalids
ILUSTRASI pemulung 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pandemi Covid-19 yang merebak di Indonesia sejak 2020 berdampak ke berbagai lapisan masyarakat.

Tak terkecuali seorang buruh bangunan di Jakarta, Alex (50) yang terpaksa harus menerima kenyataan pahit terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari pekerjaannya di masa pandemi Covid-19 tahun 2020.

Pria asal Surade, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi yang merantau ke Jakarta demi memperbaiki ekonomi keluarga ini pun terpaksa menjadi pemulung di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Dulu kerja bangunan di Jakarta, di-PHK saya gara-gara corona," kata Alex kepada TribunnewsBogor.com.

Sejak saat itu, Alex mengaku tak berani pulang kampung karena tak punya cukup uang untuk istri dan dua anaknya yang masih duduk di tingkat SMA dan SMP.

Alex mengaku sempat berusaha mencari pekerjaan lain sampai akhirnya mendapat pekerjaan di sebuah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta.

"Ada mungkin sekitar 5 bulan (kerja sebagai pengurus makam), tapi gaji sedikit, gak bisa buat bawa pulang, cuma buat makan doang," kata Alex.

Untuk mencari pekerjaan lain di masa pandemi ini, Alex mengaku cukup kesulitan.

Sampai akhirnya, Alex pun memilih menjadi pemulung di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dengan gerobaknya, dia biasa berkeliling memungut satu demi satu sampah botol plastik dan kardus bekas bahkan sampai malam hari.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved