Breaking News:

Virus Corona

Bantah Penanganan Tak Fokus, Ini Kata Satgas Soal Prediksi RI Jadi Negara Terakhir Bebas Covid-19

Banyak yang memprediksi Indonesia bakal jadi salah satu negara terakhir yang berhasil keluar dari krisis pandemi covid-19.

Editor: Sesri
istimewa
Prosesi pemakaman korban Covid-19 ke 49 di Bonai Darussalam Rokan Hulu, Selasa (16/3/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Indonesia jadi sorotan banyak pihak dalam penanganan pandemi covid-19.

Banyak yang memprediksi Indonesia bakal jadi salah satu negara terakhir yang berhasil keluar dari krisis pandemi covid-19.

Hal itu karena Indonesia disebut tidak memiliki kebijakan strategis dalam upaya pemulihan kesehatan warganya.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa prediksi itu merupakan hal yang menurutnya cukup logis jika dilihat dari situasi pandemi covid-19 yang kini terjadi di Indonesia.

Ia menegaskan bahwa hanya negara yang sejak awal sudah fokus dengan bidang kesehatan saja yang mampu keluar dari pandemi covid-19 lebih dulu.

Karena negara yang fokus dengan kesehatan sejak awal tentu tidak memiliki fokus maupun kepentingan utama lainnya selain mementingkan kesehatan warga negaranya.

"Logisnya dan benar dalam kaitan situasi akhir pandemi ini, negara yang fokus dengan kesehatan ya tentu sudah lebih dulu dia startnya ya," ujar Dicky, kepada Tribun, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Perawat Hamil 8 Bulan Meninggal Terpapar Covid-19, Sang Bayi Selamat Dilahirkan Melalui Operasi

Baca juga: Makin Berkurang, ICU Khusus Pasien Covid-19 di Kota Pekanbaru Hanya Tersisa 20 Ruangan

Ada banyak negara yang sejak awal pandemi memang telah concern atau fokus pada kesehatan bukan melulu urusan ekonomi dan politiknya.

Negara-negara itu dianggap cukup mampu secara ekonomi, sehingga penerapan sistem penguncian (lockdown) untuk menekan angka penularan virus corona pun tidak terlalu mempengaruhi kondisi perekonomian mereka.

"Dan ini (mereka) bukan dari sekarang (mulai fokus untuk kesehatan masyarakatnya), dari awal, jadi startnya dia sudah sangat jauh di depan," kata Dicky.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved