Breaking News:

MTQ Kecamatan Mempura di Tengah Pandemi, Bupati Siak Ingatkan Jangan Terjadi Klaster Baru

Pelaksanaan MTQ ke 12 Kecamatan Mempura tetap digelar meski di tengah pandemi Covid-19, Bupati Siak Alfedri tegaskan agar panitia terapkan aturan.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri dan jajaran menabuh kompang tanda dibukanya MTQ XII kecamatan Mempura, Selasa (27/7/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pelaksanaan MTQ ke 12 Kecamatan Mempura tetap digelar meski di tengah pandemi Covid-19, Bupati Siak Alfedri tegaskan agar panitia pelaksana menerapkan aturan tegas untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kita tidak mau ada terjadi klaster baru pada pelaksanaan MTQ, karena itu paniti harus tegas kepada kafilah atau peserta yang melanggar protokol kesehatan,” kata Alfedri, Rabu (28/7/2021).

Ia mengatakan, kegiatan MTQ tersebut merupakan program tiap tahun untuk mencari bibit baru di kecamatan. Peserta pada setiap tangkai lomba adalah kafilah dari kampung-kampung, yang tersaring dari proses MTQ tingkat kampung.

“Saya langsung hadir membuka pelaksanaan MTQ ini. Tidak masalah tidak ada penonton seperti tiga tahun lalu yang penting pelaksanaannya sesuai standar protokol kesehatan,” kata dia.

MTQ Kecamatan Mempura ke 12 ini dilaksanakan di halaman kantor camat Mempura. Kegiatan sudah dibuka sejak Selasa (27/7/2021) kemarin, yang akan berlangsung hingga Kamis (29/7/2021) besok. Pelaksanaan MTQ ini tetap menggunakan bangunan sementara astaka sehingga masih tampak meriah meski tidak diperbolehkan adanya penonton dari kalangan masyarakat.

“Saya menyadari bahwa MTQ ini penting dilaksanakan sebagai proses pengkaderan untuk berbagai keahlian sesuai cabang lombanya. Sesungguhnya helat MTQ untuk meneguhkan kecintaan terhadap Alquran serta pembinaan akhlakulkarimah,” kata dia.

Sungguhpun begitu, kata Alfedri, pandemi Covid-19 juga tidak boleh diabaikan. Melawan Covid-19 tidak bisa jika hanya mengandalkan keyakinan semata. Allah SWT menganugerahkan ilmu pengetahuan kepada manusia agar memberikan kemudahan.

“Maksud saya, kita tetap berbuat tetapi harus dibatasi dengan standar protokol kesehatan, supaya terhindar dari potensi penyebaran Covid-19,” kata dia.

Alfedri berharap dengan pelaksanaan MTQ ini dapat melahirkan generasi muda yang qurani dan mencintai ilmu pengetahuan. Generasi qurani, kata Alfedri tidak mendikhotomi antara keimanan dengan ilmu pengetahuan.

“Maka sejak dulu tagline kita saat MTQ adalah untuk meningkatkan Imtak, iman dan takwa, Imptek adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Artinya ada keseimbangan dunia dan akhirat yang diharapkan,”
kata dia.

Camat Mempura Desi Fefianti mengatakan, pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan mempura ini untuk menjaring qari dan qariah terbaik untuk mewakili Kecamatan Mempura dalam mengikuti MTQ kabupaten Siak. selain itu,ia juga turut berdoa agar dengan adanya kegiatan keagamaan ini,segala musibah bisa cepat hilang.

"Pelaksanaan diadakan di halaman kantor camat, sedangkan tuan rumahnya adalah Kampung Tengah,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved