Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Besok PPKM Level 4 Berakhir, DPRD Pekanbaru Minta Evaluasi Serius, Berharap Tak Diperpanjang Lagi

Pelaksanaan PPKM Level 4 akan berakhir pada Senin (2/8/2021) besok. Hal ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pelaksanaan PPKM Level 4 akan berakhir pada Senin (2/8/2021) besok.

Hal ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah. 

Banyak kalangan mengharapkan, agar PPKM ini tidak diperpanjang lagi.

Sebab, dalam sepekan pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru, hampir semua sektor lumpuh.

Sejumlah petugas saat mengatur arus lalu lintas di lokasi penyekatan Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (31/7/2021). Penyekatan dilakukan guna mengurangi mobilitas masyarakat sesuai Surat Edaran Walikota Pekanbaru Nomor 16/SE/SATGAS/2021 tentang pedoman dasar pelaksanaan PPKM Level 4 Kota Pekanbaru.
Sejumlah petugas saat mengatur arus lalu lintas di lokasi penyekatan Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (31/7/2021). Penyekatan dilakukan guna mengurangi mobilitas masyarakat sesuai Surat Edaran Walikota Pekanbaru Nomor 16/SE/SATGAS/2021 tentang pedoman dasar pelaksanaan PPKM Level 4 Kota Pekanbaru. (TribunPekanbaru/Doddy Vladimir)

Ironisnya lagi, solusi dan bantuan dari pemerintah minim.

"Dalam sepekan dilaksanakan PPKM Level 4, mencekik masyarakat. Kita minta dievaluasi serius, karena efeknya juga tidak nampak," tegas Anggota Fraksi Gerindra DPRD Pekanbaru Zainal Arifin SE MH, Minggu (1/8/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Evaluasi yang diharapkan legislator tersebut, secara komprehensif.

Mulai dari kinerja Satgas Covid-19 yang menggelar razia, penutupan jalan hingga bentuk bantuan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak.

Menurut Zainal Arifin yang juga Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru tersebut, penerapan PPKM Level 4 di Pekanbaru dalam sepekan belakangan ini, tidak membawa pengaruh dominan, dalam penurunan angka Covid-19.

Justru yang menjadi keluhan masyarakat yakni, razia yang dilakukan Tim Satgas Covid-19, lebih kepada peningkatan dan penerapan sanksi.

Sementara sosialisasi prokesnya minim.

Hal ini dibuktikan, masih banyaknya masyarakat yang tidak mengindahkan aturan PPKM, dengan alasan karena mereka harus mencari nafkah dan lain sebagainya.

"Ini yang kita sesalkan. Kenapa harus mengedepankan ancaman dan disanksi. Padahal tujuan dibuatnya aturan PPKM, mengajak masyarakat mentaati prokes. Teman-teman dewan lainnya juga banyak yang menyesalkan ini," sebutnya.

Zainal Arifin berharap, agar petugas di lapangan di sisa masa PPKM Level 4, harus humanis dan ketat mensosialisasikan prokes.

"Jadi begini, harapan petugas bersikap humanis tersebut jangan hanya sekadar lips servis. Terutama tim Satgas yang razia, jangan sok-sok galak dengan menebarkan ancaman," tegas Politisi senior ini. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved