Breaking News:

49 Desa di Pelalawan Dipimpin Pj Kades, Lho Kenapa? Apa Kata Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa?

Totalnya 49 desa di kabupaten Pelalawan Riau dipimpin oleh Pj kades, ini sebabnya

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Penyerahan SK Pejabat (Pj) Kepala Desa oleh Bupati Pelalawan H Zukri dan Sekretaris DPMD di auditorium lantai lll Kantor Bupati Pelalawan. 

TRIBUPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Puluhan desa, totalnya 49 desa dipimpin oleh Pj kades.

Pasalnya, 49 kepala desa (kades) yang ada di Kabupaten Pelalawan Riau memasuki akhir masa jabatan pada Jumat (30/7/2021) pekan lalu, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) pelantikannya.

Setelah enam tahun memimpin desa, masa jabatan 49 Kades itu berakhir berdasarkan tanggal pengukuhannya.

Alhasil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menunjuk Pejabat (Pj) Kades untuk memimpin pemerintahan desa hingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dijadwalkan tahun 2021 ini.

"Ada 49 Kades yang masa jabatannya telah selesai tepat pada Jumat Minggu lalu. Desa-desa ini merupakan peserta Pilkades Serentak yang akan digelar," ungkap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Pelalawan, Novri Wahyudi, Senin (02/08/2021).

Kepada tribunpekanbaru.com Novri Wahyudi mengatakan, Pj Kades yang ditunjuk berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari kantor kecamatan setempat atau PNS yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Sepanjang pimpinan yang bersangkutan menyetujui.

Tugas Pj Kades untuk menjalankan pemerintahan desa serta menyiapkan Pilkades yang diselenggarakan secara serentak menjalang akhir tahun 2021.

Jabatan Pj Kades akan berakhir setelah Kades baru terpilih melalui Pilkades dan dilantik oleh Bupati Pelalawan.

DPMD, lanjut Novri Wahyudi, belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak 2021. Pasalnya, hingga kini anggaran pelaksanaannya belum bisa diperhitungkan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved