Breaking News:

Evaluasi TP PKK Tingkat Kecamatan dan Desa, Rasidah Alfedri Tekankan pada Tertib Administrasi

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak mengevaluasi jajaran pengurus TP PKK tingkat kecamatan dan tingkat kampung.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Ketua TP PKK Siak Rasidah Alfedri menjelaskan penilaian dalam evaluasi kinerja pengurus kepada pengurus TP PKK di Kecamatan Tualang, Senin (2/8/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Siak mengevaluasi jajaran pengurus TP PKK tingkat kecamatan dan tingkat kampung.

Tertib administrasi menjadi salah satu poin pokok dalam evaluasi itu.

Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan, evaluasi tersebut dilakukan untuk perbaikan di masa mendatang. Sebab, TP PKK harus berperan aktif di setiap jajaran pengurus, sehingga keberadaan PKK dirasakan oleh masyarakat.

“Administrasi yang tertib, teratur dan sesuai ketentuan yang berlaku dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi Tim Penggerak PKK di berbagai tingkatan,” kata Rasidah, Senin (2/8/2021).

Ia menjelaskan, tujuan dilakukan evaluasi dan penilaian adalah untuk melihat pelaksanaan 10 program pokok PKK di kecamatan dan kampung/kelurahan, yang dituangkan ke dalam program-program kerja yang telah disusun setiap tahunnya. Ketercapaian program tersebut harus dievaluasi sehingga memberikan dampak positif atas perkembangan PKK di tahun berikutnya.

“Pada masa evaluasi inilah bisa dilihat, bagaimana pembinaan yang telah dilakukan oleh ketua TP PKK Kampung/Kelurahan beserta pengurus dan Ketua TP PKK Kecamatan, karena berhasil tidaknya pelaksanaan 10 program pokok PKK tergantung dari administrasinya,” kata dia.

Tertib administrasi menjadi salah satu kunci dalam mendukung keberhasilan 10 Program Pokok PKK. Dengan administrasi yang tertib, teratur dan sesuai dengan ketentuan dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi TP PKK di berbagai tingkatan.

Selain melakukan penilaian pihaknya juga melakukan pembinaan tertib administrasi kepada PKK kecamatan dan PKK Kampung. Seperti biasa selanjutnya, PKK kecamatan melaporkan datanya kepada PKK Kabupaten dan PKK Kampung atau Kelurahan melaporkan datanya ke kecamatan.

Lebih lanjut istri Bupati Alfedri ini menyampaikan, bahwa PKK sebagai mitra pemerintah memiliki fungsi dan peran yang strategis dalam pembardayaan dan kesejahteraan keluarga melalui unit terkecil yakni keluarga.

Ia katakan, keberadaan PKK ini sangat mendukung program kerja pemerintahan. PKK menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat, karena PKK merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan.

Rasidah berharap, tim Penggerak PKK Kecamatan, Kampung dan Kelurahan memiliki ide kreatif dan inovatif yang baru, serta dapat bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat. Kemudian dalam penyusunan program kerja hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi kondisi.

Sementara sekretaris TP PKK Kabupaten Siak Helmiza Susanti menambahkan, administrasi adalah syarat penting dalam mengkuti lomba maupun kegiatan, sehingga sewaktu-waktu dapat diminta oleh TP PKK Kabupaten.

“Administrasi ini akan mudah jika dikerjakan secara tepat waktu atau setiap selesai melakukan kegiatan PKK, jadi rumit jika sering tertunda yang pada akhirnya menumpuk di akhir bulan,” kata Santi.

Ia mohon, administrasi tetap diperhatikan, harus tertib dan dirapikan. Karena dalam mengikuti perlombaan tidak hanya ditentukan dari penilaian lapangan, namun juga dari administrasi yang baik.

Setelah kecamatan Siak, kegiatan penilaian administrasi tersebut juga dilaksanakan di kecamatan Mempura. Sebelumnya kegaiatan ini telah dilaksanakan di kecamatan Pusako, Sungai Apit, Sabak Auh, Bungaraya Kerinci Kanan, dan Kandis. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved