Breaking News:

Luas Lahan Terbakar 158,45 Ha Kebanyakan Gambut,Tim Kini Fokus Pendinginan Ekstra Karhutla di Dumai

Lahan yang terbakar dalam Karhutla di Dumai kebanyakan gambut. Tim kini lakukan pendinginan ekstra. Total luas lahan yang terbakar 158,45 Ha

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Tim Satgas Darat Karhutla Dumai masih melakukan pendinginan di lahan yang terbakar di Kecamatan Sungai Sembilan. Total luas lahan terbakar 158,45 Ha kebanyakan gambut. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Karhutla di Dumai sudah mencapai 158,45 Ha. Lahan yang terbakar kebanyakan gambut. Tim kini lakukan pendinginan ekstra.

Setelah berjibaku beberapa hari di bawah terik matahari ditambah kencangnya angin, tim satgas darat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhu‎tla) Kota Dumai, dibantu BNPB Provinsi Riau, akhirnya berhasil memadamkan api.

Posisi Karhutla yang berhasil dipadamkan berada di Kecamatan Sungai Sembilan.

Demikian diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dumai, Amrizal Anara.

Dikatakannya, bahwa api yang membakar sejumlah lahan yang berada di Kecamatan Sungai Sembilan sudah berhasil dikendalikan hingga padam oleh tim gabungan.

"Berkat kerjasama tim, dari pihak Kepolisian, TNI, Manggala Anggi dan MPA,‎ serta BNPB dan juga pihak perusahaan sekitar api berhasil dipadamkan," katanya, Minggu (1/8/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, saat ini tim satgas darat Karhutla dan BNPB Riau tengah melakukan pendinginan di titik titik api yang berhasil dipadamkan tersebut.

"Tim masih melakukan pendinginan di lokasi, karena memang kondisi lahan yang terbakar di Kecamatan Sungai Sembilan ini merupakan tanah gambut, jadi perlu pendinginan ekstra," sebutnya.

Amrizal menjelaskan, ‎berdasarkan catatan BPBD Dumai hingga 31 Juli 2021, jumlah hutan dan lahan yang terbakar sudah mencapai 158,45 hektare (Ha) dengan jumlah tambahan lahan yang baru terbakar seluas 2,3 hektare.

"Ada penambahan luasan lahan yang terbakar yakni di Kelurahan Batu Teritip sebanyak 0,3 hektare dan 1,5 hektare di Keluarahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan," jelasnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved