Breaking News:

Gelontorkan Rp4,4 M, Insentif Nakes Covid 2020 Baru Dicairkan Diskes Pelalawan Tahun Ini, Kok Bisa?

Insentif Nakes yang menangani Covid-19 di Pelalawan untuk tahun 2020 baru dicairkan Agustus tahun ini

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru.com
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril M.Kes mengatakan Diskes gelontorkan Rp 4,4 miliar untuk membayar insentif ribuan Nakes tahun lalu yang baru dicairkan tahun ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) yang menangani Covid-19 di Kabupaten Pelalawan untuk tahun 2020 baru dicairkan pada Bulan Agustus tahun 2021.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pelalawan melalui Dinas Kesehatan (Diskes) mencairkan insentif untuk Nakes selama lima bulan mulai Agustus hingga Desember tahun 2020.

Dinas Kesehatan (Diskes) menggelontorkan anggaran mencapai Rp 4,4 miliar untuk membayar insentif ribuan Nakes tahun lalu.

Anggarannya dialokasikan dari dana refocusing Covid-19 tahun 2021yang telah ditetapkan Pemkab Pelalawan sebesar Rp 48 miliar.

"Administrasi pencariannya sudah kami tuntaskan dan proses pencairan sedang berlangsung. Insentif masuk ke rekening masing-masing Nakes," terang Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril MKes, Selasa (3/8/2021).

Kepada Tribunpekanbaru.com Asril mengatakan, pencairan insentif berdasar Surat Pertanggungjawaban (SPJ) yang diajukan oleh masing-masing Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang menaungi para Nakes.

Yakni, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci serta 14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang menangani pandemi Covid-19.

Insentif Nakes Covid-19 tahun lalu yang dibayarkan tahun ini karena adanya keterlambatan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat pada Desember tahun lalu.

Anggaran untuk penanganan Covid-19, termasuk insentif Nakes diproyeksikan dari dana tersebut.

Alhasil, pencairannya ditunda sampai tahun 2021 setelah DAU turun ke Pemkab Pelalawan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved