Breaking News:

Minum Kopi Hitam Tiga Cangkir Setiap Hari Ternyata Baik Untuk Hati

Faktor risiko penyakit hati atau liver disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes, merokok, infeksi hepatitis B dan C, dan hati berlemak.

Editor: Guruh Budi Wibowo
shutterstock
kopi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ngopi sudha menjadi budaya di Indonesia. Ngopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini. 

Aktifitas minum kopi menjadi momen untuk mempererat silaturahmi dan juga memperbanyak relasi.

Namun tahukah anda jika minum kopi hingga empat cangkir kopi sehari ternyata bisa mengurangi risiko penyakit hati kronis?

Manfaat ini akan anda dapatkan jika kopi hitam di cangkir anda tidak dicampur dengan susu atau krim.

Namun, manfaat kopi tidak cocok untuk anak-anak. Terlebih kopi dikonsumsi dengan takaran di luar batas normal.

Menurut studi, peminum kopi 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terjangkit penyakit hati kronis menurut penelitian yang diterbitkan Senin di jurnal Kesehatan Masyarakat BMC.

"Kopi dapat diakses secara luas, dan manfaat yang kami lihat dari penelitian kami dapat berarti dapat menawarkan pengobatan pencegahan potensial untuk penyakit hati kronis," kata penulis studi Dr. Oliver Kennedy fakultas kedokteran Universitas Southampton di Inggris dilansir dari CNN.

"Ini akan sangat berharga di negara-negara dengan pendapatan lebih rendah dan akses yang lebih buruk ke perawatan kesehatan dan di mana beban penyakit hati kronis paling tinggi," kata Kennedy.

Faktor risiko penyakit hati atau liver disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes, merokok, infeksi hepatitis B dan C, dan hati berlemak.

Kopi bubuk memiliki kadar kahweol dan cafestol yang lebih tinggi, dua antioksidan yang ditemukan dalam biji kopi yang telah ditunjukkan dalam penelitian memiliki sifat anti-inflamasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved