Breaking News:

Wabup Siak Sebut Indeks Pemahaman Wakaf Provinsi Riau Masih Lemah

Wakil Bupati Siak menegaskan wakaf bukan hanya berpatokan pada pembangunan pendidikan, masjid atau perkuburan, tetapi ada wakaf uang dan saham

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Wakil Bupati Siak Husni Merza mendukung gerakan wakaf di kabupaten Siak. FOTO: Wabup Husni Merza saat bersama Bupati Siak Alfedri (kiri) mengikuti rakor virtual dengan Gubri terkait rencana pendistribusian beras bantuan pemerintah untuk masyarakat terdampak PPKM, Senin (19/7/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Wakil Bupati Siak Husni Merza mendukung gerakan wakaf di kabupaten Siak.

Ia menegaskan wakaf bukan hanya berpatokan pada pembangunan pendidikan, masjid atau perkuburan, tetapi telah berkembang ada wakaf uang dan saham.

“Selama ini kita mungkin hanya memahami wakaf itu hanya sebatas pada wakaf lembaga pendidikan, wakaf mesjid dan juga perkuburan. Sebetulnya itu pemahaman lama,” kata Husni Merza, Selasa (3/8/2021) kemarin.

Ia menegaskan, wakaf itu tidak hanya sebatas tiga hal tersebut. Banyak hal lain yang bisa diwakafkan, seperti wakaf dalam bentuk uang bahkan ada wakaf dalam bentuk saham.

Selain itu, Husni juga menyebut pemahaman wakaf di Riau ini masih lemah. Riau berada pada urutan ke -32 indeks pemahamannya tentang wakaf dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

“Kami bersama Pak Bupati Alfedri sejauh ini sudah mengedukasikan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya wakaf, selain zakat, wakaf ini juga merupakan alternatif beribadah melalui harta yang dimiliki,” kata dia.

Ia jua aktif mengikuti kegiatan Riau Berwakaf sebagai upaya untuk menyiarkan ekonomi dan keuangan syariah, mengoptimalkan dana umat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok Provinsi Riau.

Ia menganggap wakaf ini merupakan salah satu alternatif sumber pembiayaan yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah maupun umat islam.

Terutama untuk membantu mensejahterakan ekonomi umat, dan juga mensejahterakan kegiatan-kegiatan keumatan.

"Khusus di Kabupaten Siak, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Siak menghimbau kepada seluruh masyarakat mari kita wakafkan sebagian dari harta terbaik kita untuk membantu kegiatan-kegiatan keumatan, membantu pendidikan, pembangun mesjid dan hal-hal yang diperuntukkan kepada masyarakat. Bahkan bisa membantu ekonomi masyarakat, dengan wakaf ini kita bisa menggerakkan ekonomi umat dengan baik,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved