Breaking News:

Berita Riau

VIDEO: Kordias Pasaribu Ungkap Keinginan Maju Balon Ketua KONI Riau

Untuk maju Kordias menyatakan sudah didukung beberapa KONI Kabupaten/Kota dan Pengprov Cabor. "Pokoknya sarat kita untuk maju menjadi bakal Calon

Penulis: Rino Syahril | Editor: David Tobing

TRIBUNPPEKANBARU.com  - Masa kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau akan berakhir dalam hitungan bulan lagi dan saat ini sudah banyak bakal calon Ketua Umum KONI Riau yang menyatakan ingin bersaing memperebutkan kurai Ketua Umum tersebut pada Musyawarah Provinsi (Musprov) KONI Riau mendatang.

Satu bakal calon yang terang - terangan dan sudah menyatakan maju menjadi bakal calon (balon) Ketua Umum KONI Riau itu adalah Mantan Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu.

Saat ini Kordias menjabat Ketua Umum Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Riau. Keinginan Kordias maju menjadi balon Ketua Umum KONI Riau adalah ingin memajukan olahraga di Riau dan juga sudah saatnya Ketua Umum KONI Riau dijabat anak muda.

Untuk maju Kordias menyatakan sudah didukung beberapa KONI Kabupaten/Kota dan Pengprov Cabor. "Pokoknya sarat kita untuk maju menjadi bakal calon sudah terpenuhi," ujar Kordias Pasaribu didampingi Tim Pemenanganya, Jumat (6/8).

Dijelaskan Kordias, kemajuan olahraga tidak terlepas dari 3 pilar yakni Cabang Olahraga (Cabor) atau pelaku olahraga, kemudian pemerintah dan juga pelaku usaha. Ketiganya harus menjadi satu nafas untuk melakukan perubahan dan melahirkan Cabor dan atlet berprestasi baik di tingkat Provinsi, nasional bahkan hingga Internasional.

"Memang selama ini kekurangan daripada kita adalah belum mampu menyuguhkan harapan terhadap masyarakat yang dimana pemerintah seharusnya menyiapkan fasilitas untuk mendukung seperti menyiapkan hadiah atau jaminan hidup terhadap pelaku atau peraih prestasi dalam olahraganya masing-masing," ucap Kordias.

Tapi jika pemerintah tidak mampu memberikan fasilitas, suport dan harapan serta penghargaan tambah Kordias, tentu masyarakat dan orangtua tidak menjadikan ini salah satu yang terpenting dalam mendidik anak-anaknya.

"Jadi kedepan kami akan ikut menggandeng 3 pilar ini, agar nanti orangtua dan juga guru ikut terlibat untuk membina ataupun mencari bibit untuk dibina," ungkap Kordias.

Menurut mantan Wakil Ketua DPRD Riau itu, saat ini dorongan dari KONI Kabupaten/Kota dan Cabor yang ada di Provinsi Riau untuk dirinya sudah berdatangan. Dan dirinya tidak pernah memaksa Cabor ataupun KONI Kabupaten/Kota untuk mendukungnya.

"Saya hanya menyampaikan ini lho yang akan saya lakukan. Seperti apa kedepan, itu yang saya sampaikan kepada mereka. Dan ternyata mereka cocok dan memberikan dukungan," ujar Kordias.

Selanjutnya Kordias menyampaikan, dari beberapa hal yang disampaikan oleh Cabor, mereka ingin setiap keluhan itu ditanggapi secara cepat serta mereka juga meminta agar kepengurusan KONI Riau lebih transparan.

"Kalau saya lihat lebih secara spesifiknya, KONI kedepan haruslah satu jiwa dengan cabornya. Apa yang dirasakan Cabornya, apa yang dirasakan atletnya harus langsung direspon daripada pengurus KONI," ucapnya.

Makanya tegas Kordias, dirinya akan membawa perubahan. Perubahan ini bukan hanya berubah orangnya. Namun juga perubahan cara mengorganisasikan KONI yang jadi salah satu induk Cabor di Riau.

Ketika disinggung upaya apa yang nantinya dilakukan oleh Kordias dalam membudayakan Olahraga di masyarakat, Kordias menyampaikan, Riau ini salah satu ancaman terbesarnya adalah narkoba. Jika dibudayakan olahraga ini dengan sendirinya akan berkurang pikiran orang melakukan hal-hal seperti narkoba.

"Jadi memang kalau kita mau membudayakan olahraga ini, kita harus gandeng berbagai pihak. Kita tidak bisa sendiri, libatkan stakeholder, pemerintah dan juga kepolisan. Harus melibatkan mereka. Jadi memang harus diolahragakan masyarakat," ungkapnya. (Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved