Breaking News:

Polres Bengkalis Siapkan Tempat Bangun RS Darurat Penanganan Covid-19 di Pulau Rupat

Polres Bengkalis menyiapkan tempat untuk membangun RS Darurat penanganan Covid-19 di Pulau Rupat.

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Polres Bengkalis menyiapkan tempat untuk membangun RS Darurat penanganan Covid-19 di Pulau Rupat. FOTO ILUSTRASI - Ruangan RS. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Polres Bengkalis menyiapkan tempat untuk membangun RS Darurat penanganan Covid-19 di Pulau Rupat.

Penanganan Covid-19 di Bengkalis sejauh ini masih dalam PPKM level 3, Ini terjadi sejak dua pekan terakhir.

Meskipun dalam level 3, kasus terkonfirmasi baru mulai menunjukkan angka penurunan.

Sebelumnya angka terkonfirmasi positif Covid-19 sempat menyentuh angka tertinggi 230 kasus perhari. Namun tiga hari belakangan mulai menunjukkan penurunan.

Hal ini diungkap Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Selasa (10/8) siang. Menurut Kapolres, perhari kemarin penurunan kasus positif cukup signifikan di bawah angka seratus kasus.

"Tiga hari lalu mulai turun, dua hari lalu seratus kasus, terus kemarin hanya 48 kasus," terang Kapolres Bengkalis.

Meskipun demikian Polres Bengkalis bersama Satgas Covid-19 terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Satu diantaranya dalam waktu dekat pihaknya akan membangun tempat tempat isolasi terpadu disetiap desa.

"Rencana rumah Dinas Bhabinkamtinmas yang selama ini belum termanfaatkan disetiap desa akan dijadikan tempat isolasi terpadu. Kita sudah minta masing masing Kapolsek untuk melakukan survei di rumah rumah dinas Bhabinkamtibmas yang ada di Desa desa wilayah masing masing," tambahnya.

Selain itu Kapolres juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membuat rumah sakit darurat di Pulau Rupat khusus untuk penanganan Covid-19. Ini dilakukan karena beberapa waktu lalu pihaknya mendapat informasi ada dua orang warga di Rupat meninggal dunia karena Covid-19 tidak mendapat pelayanan saat di bawa ke rumah sakit Dumai.

"Saat di bawa ke Dumai warga Rupat ini tidak bisa tertampung karena rumah sakit di sana dalam keadaan penuh. Ini kita jadikan pembelajaran dan sudah kita ajukan kepada pemerintah daerah untuk membuat rumah sakit darurat menampung pasiem Covid-19," kata Polisi berpangkat melati dua ini.

Menurut dia, rumah sakit darurat yang dibuat ini bisa menjadi tempat rujukan pertama bagi pasien bergejala sedang dan berat. Untuk pembentukan rumah sakit darurat ini dalam waktu dekat Kapolres Bengkalis bersama dengan Dinas Kesehatan akan melakukan survei untuk menentukan tempatnya.

"Rencana rumah sakit darurat ini akan dibuat di kecamatan Rupat. Kita sebenarnya sudah menyiapkan tempat di mes Polsek Rupat di daerah Tanjung Kapal dan Kantor Lantas di sana yang belum dimaksimalkan sebagai kantor Lantas," kata Kapolres.

Untuk memastikan tempat tersebut reperesentatif Kapolres dan Dinas Kesehatan akan melakukan survei terlebih dahulu. Mudah mudahan dalam waktu dekat bisa segera terealisasikan. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved