Breaking News:

Apical dan Tanoto Foundation Hadirkan 2.000 Oksigen Konsentrator Bantu Selamatkan Pasien Covid-19

Apical Group (PT Sari Dumai Sejati) bekerja sama dengan Tanoto Foundation untuk mendonasikan sebanyak 2.000 oksigen konsentrator

Editor: Ilham Yafiz
ISTIMEWA
Pemeriksaan oksigen konsentrator oleh Head of Social Security dan Licensing Apical Group, Gunawan Sumargo dan Direktur External Affairs, Tanoto Foundation, Ari Gudadi di Gudang Kementrian Kesehatan Jakarta 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Apical Group (PT Sari Dumai Sejati) bekerja sama dengan Tanoto Foundation untuk mendonasikan sebanyak 2.000 oksigen konsentrator untuk membantu menyelamatkan pasien Covid-19.

Hari ini, pengiriman kedua sebanyak 1.000 unit telah tiba di Jakarta setelah diterbangkan langsung dari Guangzhou, Tiongkok, dengan pesawat Garuda Indonesia yang disewa khusus untuk misi ini.

Untuk menandai kerja sama dalam donasi tersebut, Apical Group dan Tanoto Foundation melakukan inspeksi barang di Gudang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, yang dihadiri oleh Head of Social Security and Licensing Apical Group, Gunawan Sumargo dan Direktur External Affairs, Tanoto Foundation, Ari Gudadi.

Rencananya, oksigen konsentrator tersebut akan didistribusikan oleh Kementerian Kesehatan ke berbagai institusi kesehatan yang membutuhkan, terutama rumah sakit kecil dan instalasi gawat darurat yang tidak memiliki infrastruktur untuk penggunaan oksigen cair.

Dalam siaran persnya, donasi 2.000 unit oksigen konsentrator didapatkan langsung dari pabrik di Foshan, Tiongkok, dan didatangkan melalui dua kali pengiriman dari Guangzhou. Sebanyak 1.000 unit pertama tiba di Indonesia pada tanggal 3 Agustus dan telah diterima oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara langsung.

Total 2.000 unit oksigen konsentrator ini terdiri dari 1.400 unit single-channel oksigen konsentrator dengan kapasitas 10L/menit dan 600 unit double channel oksigen konsentrator dengan kapasitas 10L/menit.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, mewakili pemerintah Indonesia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas donasi oksigen konsentrator dari Tanoto Foundation dan Apical Group. “Setiap unit oksigen konsentrator sangat berarti untuk meringankan beban sistem kesehatan kita. Donasi oksigen konsentrator ini memberi kesempatan pada pasien untuk memiliki pasokan oksigen di rumah atau di pusat isolasi mandiri, dan juga membebaskan sebagian tempat di rumah sakit agar dapat digunakan oleh mereka yang lebih membutuhkan. Mewakili pemerintah Indonesia, saya berterima kasih kepada Tanoto Foundation atas respon cepat, tanggap, dan menyeluruh yang memungkinkan kami berjuang melawan pandemi dengan sumber daya lebih baik, serta memberikan harapan untuk setiap penduduk Indonesia yang terdampak pandemi.” Ujarnya pada Selasa (03/08)

Dr. J. Satrijo Tanudjojo, CEO Global di Tanoto Foundation, menegaskan kembali komitmen Tanoto Foundation dalam mendukung pemerintah Indonesia selama pandemi Covid-19. “Ketika kami melihat laporan kenaikan kebutuhan oksigen cair medis dan oksigen konsentrator, kami segera menggunakan jejaring kami di dalam dan luar negeri untuk mendapatkan unit oksigen konsentrator secara langsung dan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mendistribusikannya ke rumah sakit di Indonesia. Harapan kami adalah bahwa donasi ini bisa membantu menyelamatkan nyawa para pasien yang sedang berjuang melawan Covid-19.”

Sebanyak 2.000 unit oksigen konsentrator ini dapat bermanfaat bagi sebanyak 4.000 pasien per bulan, atau 12.000 pasien dalam tiga bulan mendatang.

Penerima manfaat adalah mereka yang mengalami gejala Covid-19 ringan sampai menengah dan diperbolehkan dirawat di rumah atau pusat isolasi mandiri dengan bantuan oksigen konsentrator. Kementerian Kesehatan merekomendasikan pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang untuk melakukan isolasi selama 10 hari, dengan tambahan 3 hari setelah gejala hilang. (rls/sdy)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved