Breaking News:

Hari Pertama PPKM Level 4 di Kota Siak Sri Indrapura Sepi, Angka Kematian Covid-19 Terus Bertambah

Hari pertama PPKM levell 4 di Kota Siak Sri Indrapura terlihat sepi, Rabu, sedangkan angka kematian akibat Covid-19 terus bertambah.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
mayonal
Direktur RSUD Tengku Rafi'an Siak Sri Indrapura, H. Benny Chairuddin, Sp.An, M.Kes 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Hari pertama PPKM levell 4 di Kota Siak Sri Indrapura terlihat sepi, Rabu (11/8/2021), sedangkan angka kematian akibat Covid-19 terus bertambah.

Pemkab juga sudah menyebarkan surat edaran Bupati Siak tentang pengaturan kegiatan masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 berlangsung.

Pantauan Tribunpekanbaru.com di pintu masuk ke dalam kota Siak Sri Indrapura, yakni di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) terlihat tidak ada penyekatan.

Petugas Satgas Covid-19 hanya menambah rambu agar masyarakat mengurangi mobilitas selama pelaksanaan PPKM level IV.

Sementara aktivitas masyarakat lainnya di dalam kota Siak Sri Indrapura tidak terlihat berbeda dari hari biasanya. Warung-warung dan tempat makan tetap dibuka.

Meski demikian, masyarakat juga terpantau selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Berdasarkan surat edaran bupati Siak tentang pengaturan aktivitas masyarakat selama PPKM level 4 (11-23 Agustus 2021), warung dan tempat makan boleh dibuka namun jumlah orang masuk dibatasi untuk 25 persen dari kapasitas warung/tempat makan tersebut.

Meksi pun situasi dan kondisi di kota Siak Sri Indrapura terlihat sepi namun angka kematian akibat Covid-19 terus bertambah.

Bahkan, penambahan kasus rata-rata per hari mencapai 150 orang.

“Angka kematian akibat Covid-19 dan penambahan kasus sangat banyak. Rata-rata yang meninggal dunia adalah orang yang belum divaksin. Karena itu kami mendorong agar masyarakat jangan takut melaksanakan vaksin,” kata Direktur RSUD Tengku Rafian Siak Benny Chairuddin.

Benny menambahkan, pada Selasa (10/8/2021) kemarin, pasien yang dirawat di RSUD Tengku Rafian yang meninggal dunia sebanyak 3 orang. Semuanya memang diketahui belum pernah mengikuti vaksin.

Sementara data Satgas Covid-19 di Kabupaten Siak, terdapat 6 pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Sementara data penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak ada 168 orang.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Siak L Budhi Yuwono mengatakan, pasien yang sembuh dan selesai masa isolasinya sebanyak 175 orang.

Sedangkan pasien yang meninggal dunia berasal dari Kecamatan Tualang 2 orang, Koto Gasib 1 orang, Kerinci Kanan 2 orang dan dari Kecamatan Lubuk Dalam 1 orang.

“Masih banyak lagi sampel uji swab yang menunggu hasil, semuanya tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak,” kata dia.

Total kematian diakibatkan Covid-19 di kabupaten Siak mencapai 258 orang dalam kurun waktu 2 tahun. Sedangkan total kasus positif dalam kurun waktu tersebut mencapai 7.977 orang.

“Sekarang ini ada 182 orang yang sedang dirawat di pelbagai rumah sakit dan 1.067 orang menjalani isolasi mandiri di rumah dan di mes perusahaan,” kata dia.

Total pasien Covid-19 yang sehat dan sudah selesai masa isolasinya sebanyak 6470 orang.

Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang dirawat juga tersebar di beberapa tempat.

Di RSUD Tengku Rafian Siak 63 orang, RS Arifin Ahmad Pekanbaru 9 orang, RS Awal Bros 10 orang, RS Eka Hospital Pekanbaru 5 orang, RSUD Perawang 15 orang, RS Bhayangkara 1 orang, RS Efarina 19 orang, RS Santa Maria 6 orang, RS Mandau 3 orang, RS Hermina 2 orang, RS Amelia 1 orang, RS Permata Duri 1 orang, RS Sansani 1 orang, RS PMC 1 orang, RS Ibnu Sina 1 orang, RSUD Selasih 4 orang, Asrama Haji Siak 40 orang, Isoman di rumah dan mes perusahaan 1067 orang.

Suspek aktif di kabupaten Siak sebanyak 6890 orang, selesai isolasi pemantauan berjumlah 6858 orang, isolasi mandiri 6 orang dan di RS 8 orang. Dari kalangan suspek yang meninggal dunia sebanyak 18 orang. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Berita Siak lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved