Breaking News:

Mahasiswa Kukerta Unri Gandeng Puskesmas Imbau Warga di Tangkerang Selatan Ikut Vaksinasi

Tim Kukerta Tangsel 2021 bersama Puskesmas Harapan Raya berkeliling dengan ambulans di wilayah Tangkerang Selatan imbau warga untuk ikut vaksin

Penulis: syarief dayan | Editor: CandraDani
FOTO ISTIMEWA
Mahasiswa kukerta Tangsel 2021 saat melaksanakan kegiatan di puskesmas Harapan Raya 

TRIBUNPEKANBARU.COM – Kuliah Kerja Nyata ( Kukerta) Mahasiswa Universitas Riau (Unri) tengah berlangsung. Satu kelompok diantaranya melakukan kegiatan kukerta di Kelurahan Tangkerang Selatan.

Pada kelompok yang terdiri dari 10 mahasiswa dan mahasiswi ini merupakan gabungan dari berbagai fakultas yang ada.

Diantara kegiatan yang dilaksanakan adalah program sosialisasi vaksin untuk penanganan penyebaran Covid-19.

Kelompok yang diberi nama Tangsel 2021 ini bekerja sama dengan Puskesmas Harapan Raya, melakukan kegiatan dengan mengimbau dan mengajak masyarakat berusia 12 tahun ke atas untuk segera melakukan vaksinasi.

Dengan menggunakan ambulans, tim Kukerta Tangsel 2021 bersama tim dari puskesmas berkeliling di wilayah Tangkerang Selatan sembari memutar audio berisikan imbauan untuk vaksin.

Baca juga: Ibu-ibu Kelompok Tani di Kulim Dilatih Gunakan Software Ms Office oleh Mahasiswa KKN Unri

Ketua Kukerta Tangsel 2021, M. Devaryan Ardana mengatakan bahwa sosialisasi ini penting dilakukan meskipun antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksin cukup tinggi.

“Meskipun kesadaran untuk vaksin masyarakat tinggi, tapi sosialisasi ini tetap penting dilakukan karena kali ini memuat informasi usia baru yang sudah diperbolehkan vaksin, yaitu 12 tahun keatas”, ungkap Devaryan kepada Tribun Rabu (11/8) kemarin.

Pada kegiatan ini juga penyebaran poster sosialiasi vaksinasi di beberapa titik di Kelurahan Tangkerang Selatan, seperti sekolah, kedai harian, minimarket dan fasilitas umum lainnya.

“Selain kami melakukan ‘halo-halo’ menggunakan ambulans, kami juga melakukan penyebaran poster di beberapa titik. Tadi yang sudah di pasang di sejumlah sekolah dasar, tempat waralaba, tempat umum dan juga di beberapa warung dan kedai”, imbuh Devaryan.

Seiring menjalankan program sosialisasi vaksin tersebut, tim Kukerta Tangsel 2021 juga berhasil turut ikut menyukseskan program vaksinasi di Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya.

Tentunya vaksinasi ini diselenggarakan sebagai upaya dalam pencegahan penularan penyakit Covid-19.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Jumat (30/7) lalu yang diikuti 750 warga baik untuk vaksinasi tahap satu maupun tahap dua.

“Warga yang datang ke lokasi lebih dulu melakukan registrasi dengan mengumpulkan fotocopy KTP. Tim kami yang nantinya akan mendata nama-nama warga yang akan mengikuti vaksin," ungkapnya.

"Setelah itu warga yang telah registrasi akan kami arahkan dengan periksa kondisi kesehatan awal (skrinning) yaitu dengan pengecekan tekanan darah (tensi) dan suhu tubuh., " sambung dia.

"Setelah tahap registrasi dan pengecekan kondisi kesehatan selesai, selanjutnya warga menuggu giliran penyuntikan vaksin. Seusai penyuntikan vaksin,warga akan diberi surat keterangan sebagai bukti telah melaksanakan vaksinasi," sampai Naufal, salah seorang anggota Kukerta Tangsel 2021 mengakhiri. (Sdy)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved