Breaking News:

Mendagri Tunda Pelaksanaan Pilkades Dua Bulan, Begini Penjelasan DPMD Pelalawan

Mendagri menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk menunda tahapan pelaksanaan Pilkades selama dua bulan, begini penjelasan DPMD pelalawan

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Novri Wahyudi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk menunda tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) selama dua bulan kedepan, termasuk di Kabupaten Pelalawan, begini penjelasan DPMD pelalawan.

Penundaan Pilkades melalui surat nomor 141/4251/sj dari Mendagri yang ditujukan kepasa seluruh bupati dan walikota di Indonesia.

Tahapan Pilkades yang diundur yakni Pilkades serentak maupun Pemilihan Antar Waktu (PAW) yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Hal ini menimbulkan persepsi jika Pilkades diundur secara keseluruhan.

Menanggapi instruksi Mendagri itu, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Novri Wahyudi menyebutkan, pihaknya telah menerima surat dari Mendagri terkait pengunduran Pilkades.

Setelah dipelajari, tahapan Pilkades yang diundur selama dua bulan kedepan yakni pengambilan nomor urut, kampanye calon Kades, dan pemungutan suara.

"Tiga tahapan itu memang berpotensi menciptakan kerumunan di saat suasana pandemi Covid-19 ini. Makanya diundur selama dua bulan," beber Novri Wahyudi, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (12/08/2021).

Ia menjelaskan, kebijakan pengunduran Pilkades tidak terlalu berpengaruh terhadap Pilkades serentak yang direncanakan DPMD.

Pasalnya, Pilkades di Pelalawan dijadwalkan akhir tahun sekitar Bulan November atau Desember. Alhasil pengunduran selama dua bulan, belum berpengaruh signifikan dengan pelaksanaan pemilihan.

"Kita jadwalkan ke November atau Desember. kita santai saja dulu sambil mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan," terang Novri Wahyudi.

Saat ini pihak sedang memantau dan menunggu anggaran pelaksanaan Pilkades yang diajukan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2021.

Tahapan sosialisasi telah dirampungkan ke desa-desa yang menjadi peserta Pilkades serentak.

Ada 61 desa yang menjadi peserta Pilkades Serentak tahun ini. Jabatan Kades saat ini dipegang oleh Pejabat (Pj) yang telah ditunjuk dan ditetapkan oleh DPMD. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Berita Pelalawan lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved