Breaking News:

Wujudkan Program 1 Sarjana 1 Kelurga, Bupati Siak dan Rektor UIN Suska Riau Teken MoU

Setelah UIR dan Unilak, kini Bupati Siak Alfedri meneken memorandum of understanding (MoU) dengan Rektor UIN Sultan Syarif Kasim II (Suska) Riau.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Pemkab Siak
Bupati Siak Alfedri dan Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr Hairunas Rajab M.Ag, berfoto bersama di samping foto SSK II usai penandatangan MoU, Rabu (11/8/2021) di gedung Rektor UIN Suska Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Program 1 sarjana dalam 1 kelurga kurang mampu Pemkab Siak terus digesa.

Setelah UIR dan Unilak, kini Bupati Siak Alfedri meneken memorandum of understanding (MoU) dengan Rektor UIN Sultan Syarif Kasim II (Suska) Riau, Prof Dr Hairunas Rajab M.Ag, Rabu (11/8/2021) di gedung Rektor UIN Suska.

Penandatanganan MoU dalam rangka meminta kuota mahasiswa untuk anak-anak Siak yang akan dikukuahkan oleh Pemkab Siak. Bupati Siak Alfedri ingin mewujudkan programnya yakni satu sarjana dalam satu keluarga masyarakat tak berada.

“Kita ingin diberikan kuota untuk anak- anak Siak yang mau kuliah di UIN Suska, dengan beasiswa Pemkab Siak. Tentu utamanya adalah dari keluarga kurang berpunya,” kata Alfedri.

Alfedri mengatakan, selain itu, pihaknya juga menjalin kerjasama di beberapa bidang dengan UIN Suska. Ia menyebut seperti bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ekonomi syariah, teknologi informatika, peternakan dan terkait dengan teknik industri. Sebab, bidang-bidang itu terdapat di UIN Suska Riau yang telah mampu bersaing dengan kampus-kampus lain.

"Kerjasama di bidang -bidang tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Siak, terutama bagi anak Siak dari keluarga yang kurang mampu, pra sejahtera maupun yang tergabung di PKH. Dengan target 1 sarjana di dalam 1 keluarga kurang mampu tersebut,” jelas Alfedri.

Alfedri menambahkan, ada juga beasiswa unggulan daerah bagi siswa/i yang berprestasi, yang biasanya akan dikirim belajar di beberapa universitas di Pulau Jawa. Biaya hidup selama belajar di sana dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Siak.

"Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan hubungan antara Pemerintah Kabupaten Siak dan UIN Suska Riau semakin baik kedepannya, serta saling mendukung dalam peningkatan SDM, keagamaan dan pembangunan lainnya,” harap Alfedri.

Alfedri juga berharap, dengan semakin banyaknya lulusan perguruan tinggi di Kabupaten Siak, maka kabupaten Siak akan semakin berkualitas, mampu bersaing serta akan menjadikan Kabupaten Siak lebih maju, terbilang gemilang dan cemerlang.

Rektor UIN Suska Riau Prof Dr Hairunas Rajab M.Ag, menambahkan, pelaksanaan MoU antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan UIN Suska Riau sangat menguntungkan kedua belah pihak. Kerjasama ini dalam rangka membangun paradigma baru di tengah masyarakat bahwa pendidikan itu penting untuk semua kalangan keluarga.

"Dengan adanya kerjasama ini, UIN Suska Riau akan mempunyai tanggung jawab yang besar, bagaimana secepat mungkin bisa mengorbitkan mahasiswa baru untuk di setiap bidang, yang berkualitas dan siap pakai,” ucap Hairunas Rajab.

Pada 2021 ini, UIN Suska Riau sudah mulai melakukan seleksi terhadap calon mahasiswa asal Kabupaten Siak. Mahasiwa asal Siak ini juga akan diperhatikan agar ilmu yang di dapat selama kuliah dapat berguna begitu sudah turun ke masyarakat kelak. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved