Breaking News:

DPRD Pekanbaru

DPRD Pekanbaru Belum Terima KUA PPAS Dari Pemko Pekanbaru, R-APBD Perubahan 2021 Dibahas?

Hingga pekan kedua Agustus ini, DPRD Pekanbaru belum juga menerima KUA-PPAS Rancangan APBD Perubahan 2021 dan Rancangan APBD 2022.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Net
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hingga pekan kedua Agustus ini, DPRD Pekanbaru belum juga menerima KUA-PPAS Rancangan APBD Perubahan 2021, dan Rancangan APBD Pekanbaru 2022, dari TAPD Pemko Pekanbaru.

Padahal, dijadwalkan pada Agustus ini dimulainya pembahasan. Bahkan Pemko Pekanbaru sendiri sudah berjanji, dalam pekan ini KUA-PPAS akan dikirimkan.

Namun kenyataannya, DPRD Pekanbaru belum menerimanya.

"Satu pun KUA-PPAS nya (APBD Perubahan dan APBD 2022), belum kita terima. Kita tunggu aja," kata Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST, Jumat (13/8/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Pertanyaannya, jika Rancangan APBD 2022 dipastikan dibahas dewan, bagaimana dengan APBD Perubahan 2021?

Mengingat kondisi anggaran Tahun 2021 ini, terjadi refocusing, serta minimnya PAD akibat hantaman badai pandemi Covid-19.

Sehingga dipastikan tidak ada penambahan anggaran di APBD Perubahan 2021.

"Bisa kita bahas, bisa tidak. Tergantung Pemko, apakah dikirimnya KUA PPAS, atau tidak. Jika tidak dikirim, itu artinya tidak ada penambahan di anggaran perubahan. Makanya kita juga harus mengikutinya. Karena hal ini juga dibenarkan aturan," Sigit Yuwono.

Hanya saja, untuk APBD 2022, dipastikan tetap dibahas, meski asumsi nilai APBD-nya dipastikan menurun.

"Pasti menurun lah, karena akibat pandemi, semua sektor lumpuh, hancur lebur. Tinggal yang diandalkan hanya PAD rutin saja (PBB, BPHTB, dan lainnya), termasuk dana transfer dari pusat. Kalau untuk pajak restoran, hiburan, hotel, parkir dan sejenisnya, dipastikan turun karena covid," terangnya lagi.

Sekadar gambaran, APBD Pekanbaru  2021 disahkan Rp 2,597 triliun.

Angka ini mengalami refocusing untuk penanganan covid-19, sekitar 8 persen dari total anggaran tahun 2021.

Dengan kondisi pandemi ini, untuk APBD 2022 ditaksir maksimal sekitar Rp 2,1 triliun. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved