Breaking News:

DPRD Pekanbaru

DPRD Pekanbaru Sambut Positif Biaya Terbaru Tes PCR di RSD Madani Pekanbaru Sesuai Inpres

RSD Madani Pekanbaru, kini sudah melaksanakan harga terbaru tes PCR tersebut. DPRD Pekanbaru beri respon positif.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
RSD Madani Pekanbaru, kini sudah melaksanakan harga terbaru tes PCR tersebut. DPRD Pekanbaru beri respon positif. FOTO: Suasana RSD Madani, Kota Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - RSD Madani Pekanbaru, kini sudah melaksanakan harga terbaru tes PCR tersebut. DPRD Pekanbaru beri respon positif.

Sesuai instruksi Presiden (Inpres) Jokowi, untuk menurunkan harga tes PCR di Indonesia.

Di rumah sakit milik Pemko Pekanbaru tersebut, kini sudah menyediakan tes RT-PCR Mandiri, dengan standar harga sesuai Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan No:
HK.02.02/I/3713/2020.

Dalam SE tersebut, batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR, termasuk pengambilan swab khusus Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 495.000. Sementara di luar Pulau Jawa dan Bali Rp 525.000, dengan waktu hasil test keluar selama 24 jam.

Direktur RSD Madani Pekanbaru Arnaldo Eka Putra menjelaskan, menyampaikan bahwa untuk biaya tes PCR di RSD Madani dibagi dalam tiga klasifikasi. Untuk biaya Rp 525.000 hasilnya keluar 24 jam, biaya Rp 600.000 hasil keluar 16 jam, serta biaya Rp 699.000 hasilnya keluar 10 jam.

Ini khusus untuk pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri/mandiri. Sedangkan untuk penelusuran kontak (contact tracing) atau rujukan kasus COVID-19 ke rumah sakit, tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis). Untuk hasilnya tetap keluar selama 24 jam.

Merespon ikhwal ini, Komisi III DPRD Pekanbaru selaku mitra kerja RSD Madani, memberikan respon positif.

"Tentu kita sambut baik. Namun kami sarankan, agar bisa melayani masyarakat dengan lebih baik lagi," sebut Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zulkarnain SE MSi, Selasa (17/8/2021) kepada wartawan.

Politisi Senior PPP ini memberikan masukan positif ini, karena tes PCR ini juga untuk kemaslahatan masyarakat banyak. Apalagi keinginan masyarakat untuk melakukan PCR, karena ingin tahu, dirinya terpapar virus Covid-19 atau tidak.

Alasan lainnya juga, untuk membantu pemerintah dalam hal menekan penyebaran Covid-19.

Direktur RSD Madani Pekanbaru Arnaldo Eka Putra mengatakan, bagi masyarakat yang ingin test RT-PCR Mandiri, kini sudah bisa langsung datang ke RSD Madani Pekanbaru.

Saat ini, kondisi laboratorium RT- PCR milik RSD Madani, sudah kembali beroperasi maksimal dengan kemampuan 400-500 sampel perharinya. Bahkan RSD Madani akan berusaha untuk meningkatkan menjadi 1000 sampel perhari, dengan cara meningkatkan aktivitas layanan sampai 24 jam.

"Alhamdulillah, setelah kita hitung hitung, kemungkinan besar kita bisa memaksimalkan test RT- PCR sampai 1000 sampel perharinya dengan cara mengaktifkan layanan selama 24 jam" sebut Naldo, panggilan akrab Arnaldo Eka Putra. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved