Breaking News:

Hiruk Pikuk Mendadak Hening, Warga di Inhil 3 Menit Hentikan Aktivitas Saat Detik-detik Proklamasi

Hiruk pikuk aktivitas masyarakat di Kota Tembilahan mendadak hening saat memasuki detik- detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/TM FADHLI
Petugas bersama warga Kota Tembilahan menghentikan aktivitas dan berdiri selama 3 menit saat detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN - Suasana hiruk pikuk aktivitas masyarakat di Kota Tembilahan mendadak hening saat memasuki detik- detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76, Selasa (17/8/2021) pukul 10.17 - 10.20 WlB.

Selama 3 menit tersebut, seluruh masyarakat mulai dari pedagang, pengguna jalan, pejalan kaki maupun pengendara tampak menghentikan segala aktivitasnya dan berdiri ditempat mengambil sikap sempurna.

Pemandangan ini pun terlihat di berbagai lokasi dan jalan yang ada di sekitar Kota Tembilahan, Kabupaten Inhil,RIua.

Hal ini sebagai bentuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik lndonesia ke-76.

Suasana yang mendadak sepi senyap seketika membuat merinding, apalagi saat sirine tanda dimulainya pembacaan detik-detik proklamasi mulai berkumandang.

Dandim 0314/lnhil Letkol lnf lmir Faishal melalui Pasi Teritorial Kapten lnf Anwarsyah Siregar mengatakan, Pemerintah Republik lndonesia melalui Panglima TNl memerintahkan seluruh jajaran TNl untuk mengimbau kepada masyarakat agar meluangkan waktu sejenak menghentikan segala aktifitasnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh nusantara dari mulai pemerintahan pusat hingga ke pelosok desa," sebut Pasi Teritorial, Kapten lnf Anwarsyah Siregar.

" untuk mengenang jasa- jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk mempertahankan negara kesatuan dari cengkeraman penjajah,”imbuhnya.

Pasi menambahkan, aktivitas dihentikan pada saat detik- detik proklamasi kemerdekaan Republik lndonesia dalam upacara HUT ke-76 yang dilaksanakan secar virtual dari lstana Negara.

Pasi berharap seluruh masyarakat bisa menyadari arti perjuangan dan dapat mensyukuri atas perjuangan para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa dan raga.

Demi kepentingan Negara dan Bangsa lndonesia hingga mencapai kemerdekaan.

Selain itu, Pasi juga berharap terutama generasi penerus bangsa dapat lebih mengetahui nilai-nilai perjuangan dan dapat meningkatkan jiwa kebangsaan dan jiwa patriotisme dengan lebih mencintai tanah air lndonesia.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya," ujarnya.

"Mari kita tingkatkan semangat juang kita untuk bersama sama membangun dan memajukan Negara kita tercinta ini dengan memegang teguh dasar dasar Pancasila dan Bhineka Tunggal lka,” pungkasnya.

( Tribunpekanbaru.com / T Muhammad Fadhli )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved