Breaking News:

Sang Merah Putih Pertama Berkibar di Bengkalis 2 Bulan Usai RI Merdeka, Begini Kondisi Monumen Kini

Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, namun di Bengkalis informasi kemerdekaan Indonesia terlambat hingga 2 bulan kemudian

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Monumen di Lapangan Tugu yang merupakan lokasi pertama kali bendera merah putih berkibar di Pulau Bengkalis, Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Monumen peringatan di mana bendera merah putih pertama kali berkibar di Bengkalis Riau kurang terlihat.

Padahal monumen itu merupakan saksi bisu tentang Kemerdekaan Republik Indonesia di Pulau Bengkalis.

Meskipun Indonesia Merdeka pada 17 Agustus 1945, ternyata di pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini, informasi Kemerdekaan Republik ini sampai sedikit terlambat.

Masyarakat Bengkalis baru tahu Indonesia terbebas dari penjajah dua bulan setelah Ir Soekarno membacakan kemerdekaan Indonesia di Jalan Pengangsaan Timur Jakarta.

Bahkan masyarakat Pulau Bengkalis masih harus berjuang dahulu sebelum mengibarkan bendera merah putih di tanah gambut ini.

Bendera Merah Putih resmi berkibar 17 Oktober 1945 di Bengkalis.

Sebelum berkibar pemuda di Bengkalis terlebih dahulu harus mengusir penjajah baru yakni tentara Cina dari Malaysia yang mencoba ingin menguasai Bengkalis saat mengetahui Jepang sudah menyerah pada sekutu.

Pengibaran bendera dilaksanakan di sebuah lapangan hijau yang saat ini bernama lapangan tugu Bengkalis.

Lapangan ini berada saat ini tepat di jantung Kota Bengkalis antara persimpangan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani Bengkalis.

Guna mengingat momen pengibaran bendera merah putih pertama di Bengkalis, pemerintah daerah membangunkan tugu kemerdekaan di lapangan tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved