Breaking News:

Selain Baju Adat, Isi Pidato Presiden Jokowi Juga Mesti Dicermati: ICW Singgung Soal Korupsi

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai pemerintahan Presiden Joko Widodo mengesampingkan komitmennya untuk memerangi korupsi.

Tangkaplayar KompasTV
Presiden Jokowi mengenakan baju adat suku Baduy saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR, Senin (18/8/2021) di gedung DPR/MPR Jakarta. 

TRIBUNPEKANBARU.COM -  Presiden Jokowi beberapa hari ini menjadi sorotan usai penampilannya yang mengenak pakaian baju adat nusantara.

Jokowi terhitung mengenakan pakaian adat Baduy dan Lampung.

Penampilan Presiden ini juga menjadi perbincangan warganet.

Akan tetapi, ada satu hal yang mesti dicermati.

Yakni soal pengentasan korupsi.

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai pemerintahan Presiden Joko Widodo mengesampingkan komitmennya untuk memerangi korupsi.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, hal itu tercermin dari dari tidak disinggungnya isu korupsi dalam pidato kenegaraan yang dibacakan Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021).

"Dari sekian banyak halaman pidato kenegaraan itu, terdapat satu isu krusial, yakni hilangnya pembahasan terkait pemberantasan korupsi. Tentu ini mengindikasikan bahwa pemerintah kian mengesampingkan komitmennya untuk memerangi kejahatan korupsi," kata Kurnia dalam siaran pers, Senin malam.

Baca juga: Wanita Ini Paksa Suami Ikut Gym Agar Badan Sixpack, Kini Malah Menyesal, Terungkap Kelakuan Suaminya

Baca juga: Ada Fakta Terbaru Dokter Muda Kejam Bakar Bengkel Milik Pacar Bunuh 3 Orang, Disebut Cewek Tamak

Menurut Kurnia, masa depan pemberantasan korupsi semakin mengkhawatirkan, berkaca pada turunnya Indeks Persepsi Korupsi Indonesia dari angka 40 pada 2019 menjadi 37 pada 2020.

Kurnia mengatakan, hal itu menggambarkan secara gamblang kekeliruan pemerintah dalam merumuskan kebijakan pemberantasan korupsi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved