Breaking News:

INI Daftar 214 Koruptor yang Mendapat Remisi, Ada Joko Tjandra dan Jaksa Pinangki

Sebanyak 214 terpidana kasus korupsi mendapatkan remisi umum pada 17 Agustus 2021 lalu. Ada Nama Djoko Tjandra dan Jaksa Pinangki

Editor: Rinal Maradjo
Tribunnews/Irwan Rismawan
Djoko Tjandra., terpidana korupsi kasus korupsi Bank Bali 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Sebanyak 214 terpidana kasus korupsi mendapatkan remisi umum pada 17 Agustus 2021 lalu. Di antara nama-nama yang mendapat remisi itu terdapat sejumlah koruptor besar di antaranya terpidana kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra hingga Jaksa Pinangki.

Pemberian remisi terhadap para koruptor dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti.

Ia menyebutkan, 214 orang terpidana korupsi yang mendapatkan remisi itu adalah 6 persen dari total narapidana kasus korupsi yang berjumlah 3.496 orang.

"Bahwa benar 134.430 narapidana dan anak mendapatkan remisi dalam rangka Hari Kemerdekaaan RI Tahun 2021. Di antaranya terdapat 214 narapidana tindak pidana korupsi (tipikor) yang mendapatkan remisi umum tahun 2021," kata Rika, Sabtu (21/8/2021). seperti dikutip dari Kompas.com.

Rika menjelaskan, ada dua kategori narapidana kasus korupsi yang mendapat remisi umum tahun 2021, yakni narapidana yang mendapat remisi berdasarkan Pasal 34 Ayat (3) PP Nomor 28 Tahun 2006 dan yang mendapat remisi berdasarkan Pasal 34A Ayat (1) PP Nomor 99 Tahun 2012.

Bagi narapidana yang mendapat remisi umum berdasarkan PP 28/2006, sebelum berlakunya PP 99/2012, mereka telah memenuhi syarat berkelakuan baik dan telah menjalani 1/3 masa pidana.

Sementara, narapidana korupsi yang mendapat remisi umum berdasarkan PP 99/2012 telah memenuhi dua syarat.

Pertama, bersedia bekerjasama dengan penegak hukum untuk membantu membongkar perkara tindak pidana yang telah dilakukannya, dinyatakan secara tertulis dan ditetapkan oleh instansi penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kedua, telah membayar lunas denda dan uang pengganti sesuai dengan putusan pengadilan.

Adapun terdapat sejumlah nama besar yang masuk daftar 214 orang terpidana korupsi penerima remisi.

Selain terpidana kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra, terpidana kasus suap pelarian Djoko Tjandra, Tommy Sumardi, serta terpidana kasus suap pengurusan fatwa Mahkamah Agung yang melibatkan jaksa Pinangki Sirna Malasari, Andi Irfan Jaya, juga mendapat remisi.

Selain itu, terdapat pula nama eks Wakil ketua Komisi VII Eni Maulani Saragih yang terjerat kasus suap pembangunan PLTU Riau-1, serta para terpidana kasus e-KTP yakni Andi Agustinus, Sugiharto, dan Irman sebagai penerima remisi.

Pemilik sekaligus Direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (PT DPPP) Suharjito yang merupakan penyuap eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam kasus izin ekspor benih lobster juga mendapat remisi.

Berikut daftar nama terpidana korupsi yang menerima remisi pada 17 Agustus 2021 lalu:

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved