Breaking News:

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Dorong Basis Pengembangan Teknologi di Masa Depan

Adanya Covid-19, bio teknologi ini yang harus didorong ke depan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Dorong Basis Pengembangan Teknologi di Masa Depan. Foto: Airlangga Hartarto 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo di depan Sidang Tahunan MPR, DPD, dan DPR pada 16 Agustus 2021 menyampaikan 4 hal penting.

Hal penting itu mencakup konsolidasi kekuatan riset nasional sejalan dengan agenda pembangunan nasional, memperkuat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi ke arah ekonomi hijau dan ekonomi biru yang berkelanjutan, transformasi menuju energi baru dan terbarukan, dan akselerasi ekonomi berbasis teknologi hijau.

Hal-hal tersebut tentunya perlu didukung dengan riset, inovasi, serta teknologi yang maju.

“Jika pada awalnya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dibangun untuk mendorong basis mekatronika dengan industri dirgantara, maka saat ini perlu digeser ke digital mulai dari Artificial Intelligence (AI), Coding dan Bio Science.

Adanya Covid-19, bio teknologi ini yang harus didorong ke depan,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam puncak acara ulang tahun BPPT seperti dilansir dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Saat usaha pemerintah untuk mendorong berbagai sektor yang terdampak pandemi Covid19 sejak tahun 2020 lalu, terdapat beberapa sektor yang menunjukkan capaian pertumbuhan yang positif dan cukup tinggi serta menunjukkan resiliensinya dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga berhasil mencapai 7,07% (yoy) pada kuartal kedua 2021.

Sektor itu yaitu sektor Informasi dan Komunikasi, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, serta subsektor Industri Kimia, Farmasi, dan Obat Tradisional.

Hal ini menunjukkan bahwa sektor ekonomi yang memiliki tingkat teknologi yang tinggi mampu bertahan pada masa pandemi.

“Di sini back up inovasi dan teknologinya menjadi penting dan sektornya sudah sangat jelas.

Terbukti dari sektor-sektor yang resilience.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved