Breaking News:

Sampah Plastik Penuhi Sungai saat Pemko Dumai Lakukan Normalisasi, Sudah Terealisasi 10 Km

Sampah plastik penuhi Sungai Dumai saat dilakukan proses normalisasi menggunakan satu alat berat eskavator Amphibi

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/DONNY KUSUMA PUTRA
Normalisasi Sungai Dumai sudah dimulai sejak April lalu sebagai upaya mencegah banjir. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI  - Upaya mengatasi permasalahan banjir, Pemko Dumai Riau melakukan normalisasi Sungai Dumaiyang sudah di mulai sekitar April lalu.

Rencananya, normalisasi sungai akan dilakukan sepanjang 11 kilometer.

Sampah plastik penuhi sungai saat dilakukan proses normalisasi menggunakan satu alat berat eskavator Amphibi yang dipinjamkan oleh wilayah sungai Sumatera III.

Plt Kadis PUPR Dumai melalui Kabid SDA,Wan Riko mengungkapkan, di antara upaya dalam mencegah dan menanggulangi banjir di Kota Dumai dengan melakukan normalisasi Sungai Dumai sepanjang 11 kilometer.

Langkah-langkah ini sudah mulai dilakukan oleh Pemko Dumai, dan mendapat suport dari BWS Sumatera III, dengan dipinjamkanya satu alat berat eskavator Amphibi.

"Kita mendapat support dari BWS Sumatera III, dengan dipinjamkannya satu alat berat, tidak sewa ya tapi dipinjamkan, dana operasionalnya baru dari kita ," katanya, Selasa (24/8/2021), kepada Tribunpekanbaru.com .

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa progres normalisasi Sungai Dumai, sepanjang 11 kilometer sudah terealisasi sepanjang 10 kilometer.

Sehingga tersisa 1 kilometer lagi menuju laut.

Waktu peminjaman alat berat eskavator Amphibi dari BWS adalah tiga bulan dari bulan April lalu.

Saat ini sudah berjalan sudah habis dan alat akan dibawa ke daerah lainnya yang membutuhkan.

"Untuk yang satu 1 kilometer lagi akan tetap dilanjutkan dengan menggunakan alat berat milik Pemko Dumai, yang baru Amfibi juga tapi kita masih menunggu," jelasnya.

Wan Rico menerangkan, untuk normalisasi sungai ini, sudah dilakukan dengan maksimal dan sudah bisa dilihat hasilnya secara langsung.

Saat melakukan normalisasi Sungai Dumai, tambahnya memang sampah menjadi kendala saat di lapangan, mengingat jumlahnya yang begitu banyak.

"Sampah memang luar biasa banyak, saat kita membersihkan sungai sampah-sampah plastik yang kita temui itu jumlahnya banyaklah,” urainya.

“Jadi kami berharap masyarakat tak membuang sampah ke sungai, karena kan sudah disiapkan oleh pemerintah sejumlah TPS untuk pembuangan sampah,"pungkasnya.

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved