Breaking News:

Hipmi Pekanbaru: Banyak Usaha Tutup Selama Empat Pekan PPKM Level 4 di Pekanbaru

Hipmi Pekanbaru menyebut banyak usaha yang tutup selama empat pekan penerapan PPKM di Pekanbaru

Penulis: Rino Syahril | Editor: Ariestia
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Hipmi Pekanbaru menyebut banyak usaha yang tutup selama empat pekan penerapan PPKM di Pekanbaru. FOTO: Sejumlah penyedia jasa servis handphone menawarkan jasanya di Jalan Teuku Umar, Pekanbaru, Sabtu (14/8/2021). Dampak dari ditutupnya mall karena PPKM Level 4 membuat sejumlah penyedia jasa servis handphone menawarkan jasanya di pinggir jalan. Mereka terpaksa melakukan ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Hipmi Pekanbaru menyebut banyak usaha yang tutup selama empat pekan penerapan PPKM di Pekanbaru

Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Pekanbaru menilai kebijakan PPKM ini berdampak negatif terhadap sektor industri dan ekonomi di Pekanbaru.

Padahal ekonomi sudah mulai membaik pada kuartal pertama 2021 kemarin.

Apalagi selama 4 pekan berlangsungnya PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru banyak pengusaha yang merugi dan bahkan ada yang tutup sementara serta merumahkan atau memecat karyawannya.

Namun kenyataannya PPKM Level 4 kembali diperpanjang, hal ini kata Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Pekanbaru Rizky Bagus Oka tentunya sangat berat bagi pengusaha.

"Berarti pemerintah tidak fokus terhadap pemulihan ekonomi nasional, kita tahu angka covid masih tinggi, di Pekanbaru masih di zona merah, namun perlu kita kaji bersama, perlu di evaluasi tentang regulasi dan ketentuan PPKM Level 4 ini," ujar Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Pekanbaru Rizky Bagus Oka kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (25/8/2021).

Oka juga menilai PPKM Level 4 itu sangat tidak efektif, mulai dari penyekatan yang tidak jelas tujuan dan fungsinya, penutupan tempat usaha, apalagi perihal usaha skala besar dan kecil.

Oleh karena itu Regulasi untuk pengusaha harus bersikap adil dan sama rata. 

"Kami dari Pengusaha mendukung program pemerintah dalam penanganan covid ini, namun pemerintah juga harus bisa menerima masukan dan mau di evaluasi bahwa program yang dilakukan tidak efektif, dan malah berdampak panjang. Mari bersama kita pulihkan kondisi kesehatan masyarakat, bersama kita pulihkan perekonomian nasional," ucap Oka. 

Saat ditanya selama berlangsungnya PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru berapa jumlah pengusaha yang tutup atau bangkrut? 

"Kalau untuk data pengusaha bangkrut, kami tidak tahu pasti karena tidak ada data yang jelas, tapi yang pasti banyak pengusaha yang tutup sementara dan memecat atau merumahkan karyawan karena menunggu regulasi mengenai PPKM level 4 ini," jawab Oka. (Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

Berita Pekanbaru lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved