Breaking News:

Pekanbaru Raih TPID Award 2021, Kota Terbaik di Sumatera Dalam Pengendalian Inflasi Daerah

Kota Pekanbaru berhasil memperoleh gelar terbaik pada pada ajang bergengsi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Award

Editor: Ilham Yafiz
ISTIMEWA
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, membuka Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021. Turut mendampingi Presiden: Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan Agung Firman Sampurna, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Untuk pertama kalinya, Kota Pekanbaru berhasil memperoleh gelar terbaik pada pada ajang bergengsi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Award (TPID Award) tahun 2021 atas penilaian kinerja tahun 2020.

Penghargaan tingkat nasional ini menobatkan Pekanbaru sebagai kota terbaik di wilayah Sumatra dalam pengendalian inflasi daerah.

Selain Kota Pekanbaru, TPID Kota Dumai juga masuk menjadi nominator sebagai (tiga) TPID terbaik se-Sumatera.

Penghargaan ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri dan Bank Indonesia di Istana Negara pada Rabu (25/8), yang dibuka Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, presiden memberikan arahan agar pengendalian inflasi diperluas tidak hanya fokus pada pengendalian inflasi saja tapi juga pengembangan sektor-sektor produktif.

Lebih eksplisit, Presiden menekankan pentingnya upaya-upaya konkrit untuk mendorong UMKM agar naik kelas dan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian, terutama dengan mengenalkan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah produk dan platform digital untuk memperpendek rantai distribusi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau, Decymus, mengulas faktor-faktor yang mendukung Kota Pekanbaru menjadi pemenang TPID Award 2021.

Komponen penilaian TPID Award terbagi menjadi tiga kriteria yaitu Proses, Output, dan Outcome.

"Komponen proses mencerminkan langkah/upaya bersama dalam pengendalian inflasi daerah yaitu koordinasi, kebijakan, dan akuntabilitas. Komponen Output merupakan penilaian khusus kepada program unggulan yang diusung dalam upaya pengendalian inflasi daerah berdasarkan framework 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi efektif). Sedangkan komponen Outcome mencerminkan hasil kinerja TPID dalam melakukan pengendalian inflasi, yaitu realisasi inflasi dan volatilitas inflasi," kata Decymus.

Pada komponen proses, katanya, Kota Pekanbaru pada tahun 2020, melakukan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan sisi koordinasi, kebijakan, serta akuntabilitas.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved