Breaking News:

Tips Mengatasi Karang Gigi, Coba Cara Alami Ini Membersihkan Karang Gigi

Bagaimana cara mengatasi karang gigi? bahkan jika Anda merawat gigi dengan baik di rumah, Anda masih memiliki bakteri di mulut Anda.

Penulis: Muhammad Ridho | Editor: Ilham Yafiz
unsplash @quangtri
Ilustrasi membersihkan karang gigi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Bagaimana cara mengatasi karang gigi? bahkan jika Anda merawat gigi dengan baik di rumah, Anda masih memiliki bakteri di mulut Anda.

Mereka bercampur dengan protein dan produk sampingan makanan untuk membentuk lapisan lengket yang disebut plak gigi, atau karang gigi.

Kotoran ini melapisi gigi Anda, berada di bawah garis gusi Anda, dan menempel pada tambalan atau perawatan gigi lainnya.

Karang gigi membawa bakteri yang dapat merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Tetapi jika Anda menghilangkan karang gigi secara teratur, Anda dapat mencegah kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi.

Ilustrasi
Ilustrasi (Freepik)

Berikut Cara Mengatasi Karang Gigi seperti disadur dari oral-health webmd:

- Sikat secara teratur, dua kali sehari selama 2 menit. Lulur 30 detik dua kali sehari tidak akan menghilangkan plak atau mencegah karang gigi. Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke dalam mulut Anda . Pastikan untuk memasukkan permukaan yang sulit dijangkau di belakang gigi Anda dan di geraham belakang Anda.

- Studi telah menemukan bahwa sikat gigi elektronik, atau bertenaga, dapat menghilangkan plak lebih baik daripada model manual. Apa pun jenis yang Anda gunakan, pastikan itu memiliki segel persetujuan American Dental Association (ADA). Ini telah menjalani tes kontrol kualitas dan keamanan yang ketat.

- Pilih pasta gigi pengontrol karang gigi yang mengandung fluoride. Fluoride akan membantu memperbaiki kerusakan email. Beberapa produk memiliki zat yang disebut triclosan yang melawan bakteri dalam plak.

- Tidak peduli seberapa baik Anda dengan sikat gigi, benang gigi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan plak di antara gigi Anda dan menjauhkan karang gigi dari area yang sulit dijangkau ini.

- Bilas setiap hari. Gunakan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.

- Perhatikan pola makan Anda. Bakteri di mulut Anda berkembang biak pada makanan manis dan bertepung. Ketika mereka terkena makanan itu, mereka melepaskan asam berbahaya. Cobalah makan makanan yang sehat dan batasi jumlah makanan manis yang Anda makan. Itu berlaku untuk makanan ringan juga. Setiap kali Anda makan, Anda juga memberi makan bakteri di mulut Anda. Anda tidak harus meninggalkan permen atau kudapan di antara waktu makan. Berhati-hatilah tentang seberapa sering Anda memanjakan diri. Sikat dan minum banyak air selama dan setelah makan.

- Jangan merokok. Studi menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih mungkin untuk memiliki karang gigi.

Demikian tips mengatasi Karang Gigi, semoga bermanfaat.

( Tribunpekanbaru.com )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved