Breaking News:

Wakil Bupati Siak Husni Buka Pelatihan dan Pop Up Market UMKM di Tangsi Belanda

Skelas menggelar pelatihan dan pop up market UMKM kabupaten Siak, Rabu di Barak Tangsi Belanda, di kampung Benteng Hulu dibuka oleh Wakil Bupati Siak

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan sambutan pada pembukaan pelatihan dan pop up market UMKM, Rabu (25/8/2021) di barak Tangsi Belanda, kampung Benteng Hulu, kecamatan Mempura, kabupaten Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Mati surinya kepariwisataan Siak di saat pandemi Covid-19 membuat Sentra Kreatif Lestari Siak (Skelas) menggelar pelatihan dan pop up market UMKM kabupaten Siak, Rabu (25/8/2021) di Barak Tangsi Belanda, di kampung Benteng Hulu, kecamatan Mempura. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Siak Husni merza.

“Skelas merupakan wadah bagi anak-anak muda kreatif untuk berkreasi dan menggali potensi-potensi prioritas Kabupaten Siak dengan tetap menjaga kelestarian alamnya,” kata Ketua Skelas Muhammad Satria.

Ia menyampaikan, latar belakang Skelas karena Kabupaten Siak memiliki potensi seperti situs saujana alam dan situs buatan berbasis alam, kuliner khas dan ekonomi kreatif lainnya serta beragam situs bangunan pusaka.

Skelas juga berfungsi sebagai inkubator dan ekselerator bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan produknya.

“Skelas melaksanakan pop up market virtual untuk memperkenalkan produk lokal Kabupaten Siak dan membantu mempromosikan produk UMKM dalam skala nasional. Maka kami membuat beberapa pelatihan diantara pelatihan placemaking, pelatihan komunikasi, dan pelatihan desain kemasan,” kata dia.

Skelas juga mendorong pengembangan ekowisata, penerapan eco friendly oleh para UMKM, dan edukasi melalui webinar dengan tema ramah lingkungan yang mendukung Siak Hijau.

Skelas juga mempersiapkan serangkaian kegiatan pelatihan dan pop up market guna memantik orang muda lintas sektor mengoptimasi potensi ekonomi lestari dan membantu UMKM untuk mempromosikan produk lokal Kabupaten Siak dalam skala nasional.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat muda untuk memanfaatkan tempat sebagai ruang kreatif serta menumbuhkan minat para anak-anak muda kreatif Siak untuk menggali potensi lokal Siak,” kata dia.

Pihaknya juga ingin menumbuhkan minat dan inisiatif pelaku UMKM untuk menerapkan eco friendly dalam
setiap produk. Kemudian memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk lokal Kabupaten Siak serta memberikan skill dasar Strategi Komunikasi kepada UMKM.

Dalam kegiatan itu, 10 UMKM lokal Siak mempresentasikan produk mereka secara daring. Kegiatan itu selain dihadiri oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Azni, kepala Dinas Koperasi dan UMKM Siak Wan Fajri Auli dan Kepala Disperindag Siak Wan Ibrahim.

Husni Merza mengapresiasi Skelas yang mampu memberikan sentuhan mendasar untuk membangkitkan gairah UMKM di tengah badai panemi. Sebagai daerah berbasis pariwisata dan budaya, UMKM merupakan sektor penting yang tidak boleh mati meski saat pandemi.

“Kita dipermudah teknologi, tentu ada cara lain yang harus dilakukan agar pelaku UMKM tetap bersemangat dan menghasilkan di masa pandemi. Skelas ini mampu menjadi pengarah dan pembina UMKM sehingga promosi UMKM kita meluas secara nasional,” kata dia.

Husni mendukung penuh kegiatan Skelas yang melibatkan pelaku UMKM di Siak untuk meningkat produksi dan memberikan jaringan luas.

Ia berharap Skelas tidak kali ini saja melakukan kegiatan untuk membangkitkan gairah UMKM di masa pandemi.

“Kita hari ini tidak bisa membuka akses pariwisata akibat Covid-19, namun dengan potensi yang ada tentu kita juga tidak ingin sektor pariwisata mati. UMKM dan ekonomi kreatif bagian dari kepariwisataan yang harus bangkit di tengah pandemi ini,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved