Breaking News:

Bupati Siak Apresiasi PTSL, BPN Targetkan Seluruh Bidang Tanah di Siak Bersertifikat 2024

Bupati Siak Alfedri mengapresiasi BPN yang telah menyelesaikan PTSL gratis untuk masyarakat di Siak.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
istimewa
Bupati Siak Alfedri mengapresiasi BPN yang telah menyelesaikan PTSL gratis untuk masyarakat. FOTO: Bupati Siak Alfedri. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri mengapresiasi BPN yang telah menyelesaikan PTSL gratis untuk masyarakat di Siak.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Siak Budi Satria menargetkan Sertifikat Tanah Program Strategis Nasional di kabupaten Siak selesai tahun 2024.

Total jumlah bidang tanah di kabupaten Siak mencapai 195 ribu bidang sertifikat. Sementara bidang tanah yang sudah bersertifikat berjumlah 120 ribu.

"Saat ini yang belum tersertifikat berjumlah 73000. Ini lah yang kita cicil tahun demi tahun. Target kita tahun 2024 lewat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) seluruh bidang tanah di kabupaten Siak sudah bersertifikat," katanya, Jumat (3/9/2021).

Ia mengatakan, program PTSL ini terbagi dua, ada PTSL yang langsung dikelola Badan Pertanahan sejumlah 6000 sertifikat. Kedua, PTSL yang di kerjakan pihak ke tiga berjumlah 10 ribu sertifikat.

"Sebanyak 6.000 sudah selesai kita kerjakan pada Agustus 2021 kemarin. Sedangkan 10 ribu on progres,” kata dia.

BPN juga memiliki kegiatan lain, seperti target redistribusi mencapai 3700 sertifikat.

Ia menilai target tersertifikat seluruh bidang tanah tersebut pada 2024 sangat masuk akal.

Sebab, sertifikat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di samping menghindari terjadinya sengketa, sertifikat juga dapat menjadi jaminan di bank untuk menambah modal usaha.

"PTSL ini kita kerjakan desa per desa secara menyeluruh, jadi targetnya bisa tanah masyarakat, bisa tanah instansi, tanah wakaf, tanah desa dan berbagai jenis tanah lainnya kecuali perusahaan,” kata dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved