Breaking News:

Bupati Siak Serahkan 300 Sertifikat Hak Milik Gratis kepada Masyarakat

Bupati Siak Alfedri terus mengupayakan penyelesaian sertifikat hak milik (SHM) tanah untuk masyarakat melalui program PTSL.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Pemkab Siak
Bupati Siak Alfedri berfoto bersama dengan Kepala BPN Siak dan jajaran usai membagikan sertifikat tanah gratis secara simbolik kepada masyarakat, Kamis (2/9/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri terus mengupayakan penyelesaian sertifikat hak milik (SHM) tanah untuk masyarakat melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Selain itu juga mengupayakan retribusi tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Siak.

“Pada Kamis (2/9/2021) kemarin saya sudah menyerahkan setidaknya sebanyak 300 sertifikat gratis untuk masyarakat,” kata Alfedri, Minggu (5/9/2021).

Ia menegaskan bahwa Pemkab Siak serius dengan program PTSL. Sebab melalui program itu masyarakat terbantu dalam mendapatkan hak atas tanahnya, yakni berupa SHM.

“Keutungan bagi masyarakat yang sudah punya SHM adalah, pertama terhindar dari kemungkinan sengketa, kedua bisa menjadi modal usaha bila sertifikat itu diagunkan ke bank,” kata AlfedriX

Ia mengatakan, atas nama Pemkab Siak mengucapkan terima kasih kepada BPN yang talah melaksanakan program tersebut. Program PTSL ini dibuat agar seluruh bidang tanah didaftarkan dan dibuat peta bidangnya.

“Program ini juga membuat kondisi kita menjadi terjadi tertib administrasi pertanahan di kabupaten Siak. Pak Jokowi mengatakan ketertiban administrasi tanah di Indonesia sangat penting, sehingga dimunculkan program PTSL,” kata dia.

Dengan PTSL Pemerintah Daerah sangat mendukung program Menteri Agraria dan Tata Ruang dan kepala BPN tentang peringatan BPHTB.

Sebelumnya, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Siak Budi Satria menargetkan
Sertifikat Tanah Program Strategis Nasional di kabupaten Siak selesai pada 2024 mendatang.
Total jumlah bidang tanah di kabupaten Siak mencapai 195 ribu bidang sertifikat. Sementara bidang tanah yang sudah bersertifikat berjumlah 120 ribu.

"Saat ini yang belum tersertifikat berjumlah 73000. Ini lah yang kita cicil tahun demi tahun. Target kita tahun 2024 lewat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) seluruh bidang tanah di kabupaten Siak sudah bersertifikat," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved