Breaking News:

Kreasi Virtual Katolik Indonesia, Semangat Berkarya di Masa Pandemi: 13 Paroki se Riau Siap Tampil

Kegiatan yang dilangsungkan secara virtual ini nantinya diikuti 13 Paroki dari 12 Kabupaten/Kota se Riau.

Penulis: Firmauli Sihaloho | Editor: Firmauli Sihaloho
IST
LP3KD Riau akan menggelar Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) pada 11 September mendatang. 13 Paroki se Riau akan menampilkan yang terbaik menuju perwakilan pada ajang KVKI Tingkat Nasional pada Oktober 2021 mendatang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau melalui Pembimas Katolik akan menggelar kegiatan seni bertajuk Kreasi Virtual Katolik Indonesia pada 11 September mendatang.

Perlombaan ini meliputi Cerdas Cermat Rohani (CCR), Mazmur serta Bertutur Kitab Suci.

Kegiatan yang dilangsungkan secara virtual ini nantinya diikuti 13 Paroki dari 12 Kabupaten/Kota se Riau.

Pembimas Katolik Kanwil Riau, Alimasa Gea mengatakan perlombaan ini menjadi program Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Riau dengan tema, Persaudaraan Insani di Tengah Pandemi Covid 19.

Adapun lembaga ini pada tahun 2020 sukses mengikuti Pesparani Tingkat Nasional yang digelar secara Virtual setelah sebelumnya pada tahun 2019 menggelar Pesparani Riau di Aula SMP dan SMA Santa Maria.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 35 Tahun 2016 Tentang Pesparani Katolik dengan berbagai kegiatan keagamaan yang sumber pendanaanya dari APBN ditingkat Pusat dan APBD/APBD ditingkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta sumber-sumber lain yang tidak mengikat," kata Dia.

Oleh sebab itu, Alimasa menghimbau kepada Pemerintah dan Lembaga Swasta serta masyarakat umum dan terkhusus Umat Katolik untuk mendukung kegiatan ini.

"Mari menciptakan kebersamaan dalam persaudaraan insani untuk merawat keutuhan Bangsa dan Negara lewat seni atau musik keagamaan," himbau Dia.

Dijelaskannya, kegiatan ini disamping ingin memberikan hiburan dan semangat bagi umat di masa pandemi, juga untuk menumbuhkan semangat mencintai dan merawat lagu-lagu rohani serta memperdalam isi Kitab Suci untuk lebih mengenal dan memahami karya ciptaan Allah.

"Selamat berlomba dan berkarya kepada peserta. Tetap semangat untuk menghasilkan yang terbaik menuju KVKI tingkat Nasional pada bulan Oktober 2021 mendatang," tandasnya.

Sementara Ketua LP3KD Riau, Saurman Sitanggang menjelaskan pandemi Covid 19 tidak membatasi gerak langkah dalam berkarya dan berkreasi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Bahwa kita sebagai insan yangg paling sempurna dari Ciptaan Nya, mari manfaatkan segala bentuk potensi/talenta yang dianugerahkan semaksimal mungkin.

"Untuk itu mari kita berpartisipasi dan berkonstribusi aktif dengan penuh tanggung jawab mengikuti acara Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) baik di tingkat Provinsi maupun Nasional nantinya," himbau Dia.

( Tribunpekanbaru.com )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved