Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Disdukcapil Kuansing Gelar Pelayanan Perekaman E-KTP di Desa Lubuk Ramo

"Ada 50 warga yang ikut perekaman saat ini," kata Kepala Disdukcapil Kuansing, Refendi Zukman pada Tribunpekanbaru.com, Senin (6/9/2021).

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Sebanyak 50 warga merekam data pribadi untuk keperluan E-KTP kala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kuansing melakukan pelayanan di Desa Lubu Ramo, Kecamatan Kuantan Mudik, Senin (6/9/2021).

"Ada 50 warga yang ikut perekaman saat ini," kata Kepala Disdukcapil Kuansing, Refendi Zukman pada Tribunpekanbaru.com, Senin (6/9/2021).

Diperkirakan jumlah warga yang melakukan perekaman E-KTP akan bertambah. Sebab pelayanan masih terus dibuka.

Senin (6/8/2021), Disdukcapil Kuansing kembali menggelar pelayanan perekaman E-KTP ke desa-desa. Desa Lubuk Ramo, Kecamatan Kuantan Mudik menjadi yang pertama dilayani.

Sedangkan Desa Sungai Besar, kecamatan Pucuk Rantau menjadi daerah yang terakhir dilayani.

Setiap kecamatan ada satu desa yang dilayani. Daerah lainnya yakni Desa Bandar Alai di Kecamatan Kuantan Tengah. Desa Sungai Keranji di Kecamatan Singingi. Kemudian di kecamatan Kuantan Hilir dilaksanakan dikecamatan.

Kemudian Desa Kompe Berangin, Kecamatan Cerenti. Desa Simandolak, kecamatan Benai. Desa Seberang Sungai, kecamatan Gunung Toar. Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singingi Hilir. Desa Sako, Kecamatan Pangean. Desa Kuantan Sako, Kecamatan Logas Tanah Darat. Desa Pulau Busuk Jaya, Kecamatan Inuman. Desa Pinang, kecamatam Hulu Kuantan, Desa Pulau Kulur, Kecamatan Kuantan Hilir dan Desa Muara Langsat, kecamatan Sentajo Raya.

Refendi Zukman sendiri sudah mengirimkan surat pemberitahuan soal pelayanan keliling desa ini ke pihak kecamatan. Pihaknya pun berharap bisa dikomunikasikan ke pihak desa.

"Bagi warga, syaratnya hanya satu. Bawa fotocopi Kartu Keluarga," katanya.

Walaupun pelayanan dikakukan hanya di satu desa setiap kecamatan, namun warga desa lainnya tetap akan dilayani.

"Warga desa tetangga bisa ikut. Tetap akan kita layani," katanya.

Sebelumnya, tahap pertama program pelayanan keliling desa sudah dilakukan. Pembagian E-KTP, akte lahir dan KIA pun sudah dilakukan ke masyarakat.

Data dari Disdukcapil Kuansing, dari 113.763 anak di Kuansing yang diharusnya memiliki akte kelahiran, 84.259 yang sudah memikiki. Sisanya, 29.504 anak belum memiliki akte. Bila dipersentasekan, anak yang memiliki akte kelahiran sebesar 74.07 persen.

Sedangkan untuk E-KTP, Pemkab Kuansing sendiri sudah memenuhi target. Namun pelayanan tetap akan diberikan ke warga yang belum merekam atau memiliki E-KTP.

( Tribunpekanbaru.com / Palti Siahaan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved