Breaking News:

Tingkatkan Literasi, Bupati Siak Upayakan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Bupati Siak Alfedri menggenjot pemanfaatan perpustakaan daerah untuk meningkatkan literasi di tengah masyarakat Siak.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Pemkab Siak
Bupati Siak Alfedri menggenjot pemanfaatan perpustakaan daerah untuk meningkatkan literasi di tengah masyarakat Siak.: FOTO Bupati Siak Alfedri (tengah). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri menggenjot pemanfaatan perpustakaan daerah untuk meningkatkan literasi di tengah masyarakat Siak.

Ia menggenjot pemungsian perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Jadi pemanfaatan perpustakaan ini untuk semua masyarakat, tidak lagi hanya sekadar bagi pelajar-pelajar kita. Bagaimana perpustakaan mampu menjadi magnet keberminatan masyarakat dalam mencari pengetahuan,” kata Alfedri, Selasa (7/9/2021).

Menurut Alfedri, literasi sangat penting ditingkatkan demi membangun masa depan yang cerah.

Perpustakaan tidak hanya sekadar menyediakan buku bacaan, namun berjuang agar buku yang dimiliki penting sampai ke tangan masyarakat.

Kemudian, perpustakaan juga bisa menampung tulisan -tulisan warga untuk dipublikasikan lebih luas.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak saat ini terus berbenah. Tentu saja sebagai leading sector, kami meminta dinas tersebut all out dalam memengaruhi masyarakat luas bahwa literasi sangat penting demi masa depan,” kata dia.

Diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siak telah menyelenggarakan Stakeholder Meeting Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pekan lalu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak M Arifin mengatakan kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan program nasional.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi di kabupaten Siak dan nasional secara umum.

Selain itu lanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mendata komitmen dari stakeholder (pemangku kepentingan) di Kabupaten Siak dalam rangka mendukung pengembangan perpustakaan di daerah. Baik perpustakaan kabupaten maupun perpustakaan desa/Kampung.

“Meeting bersama stakeholder ini merupakan bagian dari revitalisasi perpustakaan kabupaten Siak dan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi di kabupaten Siak. Karena Pak Bupati menginginkan perpustakaan menjadi magnet keberminatan masyarakat ke depan,” jelasnya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak juga pernah terpilih sebagai penerima program tersebut pada 2019. Pada 2018 personel perpustakaan dari Siak sudah mengikuti bimbingan teknis.

“Kami juga diberi PR bagaimana meningkatkan kesejateraan masyarakat dan bagaimana peran perpustakaan untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat melalui peningkatan literasi,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved