Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Satu Unit Rumah di Desa Palas Pelalawan Ludes Terbakar, Polisi Selidiki Penyebabnya

Sekitar pukul 22.00 wib, wanita itu mendengar suara seperti gesekan dedaunan. Saat itu ia bersama suaminya sedang tidur di rumah bagian depan,

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebakaran melanda sebuah rumah milik warga di Desa Palas Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Minggu (5/09/2021) malam lalu sekitar pukul 22.00 wib.

Rumah tersebut milik Yusuf (69) yang terletak di Jalan Lintas Timur Dusun 1 Desa Palas, Pangkas Kuras yang merupakan bangunan permanen pada bagian depan dan bangunan semi permanen di bagian belakang atau dapur.

Kebakaran itu tidak hanya melalap bangunan dapur saja, tetapi turut membakar bangunan permanen di bagian depan.

"Penyebab kebakaran sementara masih didalami dan proses penyelidikan oleh unit Reskrim kita," terang Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK melalui Kapolsek Pangkalan Kuras AKP A Chandra Pietama SH SIK MM, Senin (6/09/2021).

Dikatakan Kapolsek Chandra Pietama kepada tribunpekanbaru.com, api pertama kali dilihat oleh saksi bernama Nangori (60) yang merupakan istri dari korban Yusuf.

Sekitar pukul 22.00 wib, wanita itu mendengar suara seperti gesekan dedaunan. Saat itu ia bersama suaminya sedang tidur di rumah bagian depan, sedangkan asal suara itu dari dapur di bagian belakang.

Saksi kemudian terbangun dan berinisiatif mengecek ke bangunan semi permanen itu. Ia melihat ada bunga api yang berasal dari bawah rumah panggung di bagian dapur. Api tersebut langsung membakar rumah bagian dapur yang terbuat dari papan dan berpanggung.

Dalam keadaan panik, saksi membangunkan korba Yusuf dan menceritakan ada kebakaran di dapur belakang. Selanjutnya korban dan istrinya keluar rumah untuk menyelamatkan diri seiring dengan api yang terus membesar dan menguasai bangunan belakang. Selanjutnya api menjalar ke bagian depan rumah yang terbuat dari bangunan permanen.

"Korban berteriak minta tolong kepada tetangga, namun api dengan cepat membakar bangunan tersebut," tambah Kapolsek Chandra Pietama

Sekira pukul 22.55 Wib, mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Kecamatan Pangkalan Kuras tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman bersama personil Polsek serta warga.

Dibantu juga dengan mobil Damkar dari Pangkalan Kerinci milik Satpol PP dan Damkar serta dari perusahaan PT Arara Abadi untuk menjinakkan api. Sekitar jam 23.40 si jago merah berhasil dikuasi dan padam secara total.

"Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi sementara diperkirakan lebih kurang Rp 150 juta," tandasnya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Pelalawan, Taswir menyatakan, pihaknya menerjunkan mobil damkar dari Kelurahan Sorek Kecamatan Pangkalan Kuras dan dibantu dari Markas Komandan Satpol PP dan Damkar di Pangkalan Kerinci. Proses pemadaman oleh tim gabungan berhasil memadamkan api hingga dilakukan pendinginan.

"Informasinya listrik di lokasi sedang padam. Pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan. Tanggungjawab kita hanya memadamkan saja bersama tim gabungan," kata Taswir.

( Tribunpekanbaru.com  / Johannes Wowor Tanjung)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved