Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Dua Pasal Ranperda Tibum Dicoret, Pansus DPRD Pekanbaru Segera Paripurnakan

Hasil rapat Pansus DPRD Pekanbaru sudah memutuskan, mencoret dua pasal pada Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
Ketua Pansus Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat Robin Eduar SH MH (tengah), saat memberikan penjelasan kepada beberapa OPD, saat rapat di ruang Paripurna DPRD Pekanbaru, Senin petang (6/9/2021) kemarin. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hasil rapat Pansus DPRD Pekanbaru sudah memutuskan, mencoret dua pasal pada Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat.

Pansus menilai, dua pasal dalam Ranperda tersebut, dinilai tidak singkron dengan materi Ranperda.

Sehingga ke depannya, dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah. Dengan demikian, kini jumlah pasal yang ada di Ranperda Tibum dan Ketentraman Masyarakat hanya tinggal 51 pasal lagi. Sebelumnya, jumlah pasalnya sebanyak 53 pasal.

"Ya, kami sudah rapat di ruang Paripurna DPRD Pekanbaru, Senin petang (6/9/2021) kemarin. Intinya, tidak ada persoalan lagi. Minggu depan kita rapat finalisasi," kata Robin Eduar kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (7/9/2021).

Dijelaskan, dalam rapat Pansus bersama Satpol PP, PUPR, Dinsos, DLHK, serta Dishub Pekanbaru kemarin, baru 47 pasal yang dibahas. Sementara 4 pasal lagi yakni pasal 48, 49, 50, dan pasal 51. Empat pasal ini lah yang akan dibahas pekan depan.

Empat pasal ini sengaja belum dibahas, karena menyangkut penindakan, pidana dan administrasinya. Langkah selanjutnya, masih kata Politisi PDI-P ini, Pansus akan meminta petunjuk dan arahan untuk mengharmonisasikan ke Gubernur Riau, agar tidak bertentangan dengan UU yang lebih tinggi.

"Kita sudah tela'ah dengan seksama, makanya pekan depan sudah finalisasikan pembahasan Ranperda ini. Cukup sekali pertemuan lagi, selesai. Karena kita sudah lakukan 8 pertemuan untuk pembahasan ini," terangnya.

Paling lambat awal oktober sudah Diparipurnakan.

Seperti diketahui, Pansus DPRD Pekanbaru membahas revisi Perda No 5 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum, yang diusulkan Pemko Pekanbaru sejak tahun 2018 lalu. Namun baru tahun 2021 ini bisa dibahas oleh DPRD Pekanbaru.

Pansus DPRD Pekanbaru mematok targetkan akan memparipurnakan Ranperda ini, pada awal Oktober 2021.

Pembahasan revisi Ranperda ini dilatarbelakangi, karena perkembangan Kota Pekanbaru sudah semakin pesat. Kondisi Ketertiban Umum Tahun 2002 lalu di Pekanbaru, tidak sama dengan sekarang. Jauh meningkat pesat, serta mengharuskan Perda ini direvisi. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved