Breaking News:

Kejari Pekanbaru Terima Pelimpahan Tersangka dan Barbuk Kasus Pemalsuan PCR Serta Sertifikat Vaksin

Kejari Pekanbaru, menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti kasus dugaan pemalsuan PCR dan sertifikat vaksin dari penyidik Polresta Pekanbaru

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Ariestia

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti kasus dugaan pemalsuan PCR dan sertifikat vaksin dari penyidik Satreskrim Polresta Pekanbaru, Rabu (8/9/2021).

Proses tahap II dilakukan ini dilaksanakan secara virtual. Dua orang tersangka dalam kasus ini, berada di Rutan Mapolresta Pekanbaru.

Mereka adalah Muhammad Ghufron dan Sigit Setiawan. Meski dititipkan di Rutan Polresta Pekanbaru, saat ini keduanya sudah berstatus tahanan Jaksa.

Sementara untuk proses pemeriksaan barang bukti dan administrasi tahap II, tetap dilakukan di kantor Kejari Pekanbaru.

Kepala Kejari (Kajari) Pekanbaru Teguh Wibowo, melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Lasargi Marel saat dikonfirmasi, membenarkan jika tersangka dan barang bukti telah dilimpahkan penyidik kepolisian ke kejaksaan.

Diungkapkan Marel, dengan telah dilaksanakannya proses tahap II tersebut, selanjutnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan menyusun surat dakwaan.

Setelah rampung, berkas perkara akan dilimpahkan JPU ke Pengadilan Negeri Pekanbaru.

"Dalam waktu dekat, berkas perkara akan dilimpahkan ke pengadilan," kata Marel.

Dia menambahkan, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 263 ayat 2 KUHP.

Untuk diketahui, kasus ini ditangani Satreskrim Polresta Pekanbaru.

Kedua tersangka ditangkap pada Minggu (1/8/2021) lalu sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, mereka berdua sedang berada di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Mereka rencananya akan terbang dengan tujuan ke Yogyakarta.

Namun pada saat pemeriksaan dan validasi administrasi kelengkapan penerbangan yang dilakukan pihak bandara, didapati jika sertifikat vaksin dan hasil tes PCR milik kedua tersangka tersebut tidak valid dan bukan dikeluarkan atau diterbitkan oleh pihak maupun instansi yang berwenang.

Atas hal tersebut, pihak bandara melaporkan kepada Polresta Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Berita Riau lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved