Breaking News:

MTQ XXI Kabupaten Siak Bakal Digelar Pertengahan Desember, Pertandingkan 8 Cabang Lomba

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXI tingkat Kabupaten Siak bakal digelar pertengahan Desember 2021.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wakil Bupati Siak Husni Merza memimpin rapat persiapan MTQ XXI tingkat kabupaten Siak tahun 2021, Kamis (9/9/2021) di kantor bupati Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXI tingkat Kabupaten Siak bakal digelar pertengahan Desember 2021.

Wakil Bupati Siak Husni Merza telah mengadakan rapat bersama pengurus Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran (LPTQ), pihak kantor Kementrian Agama Siak dan camat se kabupaten Siak, Kamis (9/9/2021) di ruang Bandar Siak, kantor bupati Siak.

“Kita sudah rapat dan jadwal sudah kita finalkan yakni pada pertengahan Desember 2021. Tuan rumah MTQ XXI kabupaten Siak adalah kecamatan Dayun,” kata Husni Merza.

Husni menerangkan, kegiatan MTQ tingkat kabupaten ini digelar karena data kasus Covid 19 menurun signifikan. Selain itu dibangun komitmen bersama bahwa pelaksanaan MTQ XXI tingkat kabupaten Siak dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita akan melakukan penyesuaian dengan kondisi pandemi saat ini, ada beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan seperti bazar dan pawai kafilah,” kata dia.

Kegiatan penyemarak yang berpotensi membuat kerumunan tidak dilaksanakan. Panitia akan membentuk Satgas Covid 19 selama pelaksaan helat MTQ XXI Kabupaten Siak ini. Kemudian seluruh peserta dan official akan diswab menjelang ikut ke gelanggang MTQ.

MTQ XXI Siak tahun ini akan memperlombakan 8 cabang lomba seperti Tilawah, Syarhil, Khat, M2Q, hafal hadits dan lainnya. Sedangkan cabang yang tidak diperlombakan adalah cabang yang jumlah pesertanya dalam beregu banyak, contohnya hadroh, berzanji dan lainnya.

Husni menerangkan, cabang-cabang yang diperlombakan menyesuaikan dengan cabang-cabang yang diperlombakan di tingkat provinsi, meskipun tahun ini MTQ tingkat provinsi di Pelalawan ditunda pelaksanaan pada tahun ini.

"Tahun depan bagaimana pun, akan diusahakan MTQ tingkat provinsi agar digelar," terang dia.

Husni juga mengatakan, pemerintah Kabupaten Siak juga melakukan monitoring persiapan di tingkat kecamatan, mulai dari anggaran hingga persiapan panitia. Kendati demikian, tuan rumah yakni kecamatan Dayun sendiri belum menganggarkan untuk MTQ akan dilakukan dievaluasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved