Breaking News:

Tim Pengabdian Kukerta UNRI Sosialisasi Prokes dan Buat Kolam Aquaponik untuk Bantu Ekonomi Warga

Tim Pengabdian Kukerta UNRI Balek Kampung Painan Selatan sosialisasi protokol kesehatan atau Prokes dan membuat kolam aquaponik untuk bantu ekonomi

Penulis: Nolpitos Hendri | Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Tim Pengabdian Kukerta UNRI Sosialisasi Prokes dan Buat Kolam Aquaponik untuk Bantu Ekonomi Warga 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tim Pengabdian Kukerta UNRI Balek Kampung Painan Selatan sosialisasi protokol kesehatan atau Prokes dan membuat kolam aquaponik untuk bantu ekonomi warga.

Sosialisasi protokol kesehatan dilakukan Tim Pengabdian Kukerta UNRI dengan berbagai cara, mulai dari menyebarkan selebaran, membagikan masker hingga mengajak warga menghindari kerumunan.

Sosialisasi protokol kesehatan ini menjadi prioritas utama Tim Pengabdian Kukerta UNRI agar masyarakat terhindari dari Covid-19.

Sementara itu, untuk membantu ekonomi masyarakat saat pandemi Covid-19 , Tim Pengabdian Kukerta UNRI membuat kolam aquaponik dan juga menosialisasikannya kepada masyarakat.

Ini sebagai wujud kontribusi Tim Pengabdian Kukerta UNRI Painan Selatan kepada masyarakat yang saat ini ditimpa kesusahan karena pandemi Covid-19.

Sistem kolam aquaponik adalah perpaduan antara aquakultur dan hidroponik.

Aquakultur adalah memelihara ikan, sedangkan hidroponik itu menanam tumbuhan dengan media tumbuh berupa air.

Perpaduan tersebut memanfaatkan air limbah ikan yang kaya akan kandungan senyawa organic cukup tinggi sehingga baik bagi pertumbuhan tanaman.

Proses pembuatan kolam aquaponik dibantu oleh masyarakat painan selatan, Eka (37).

Eka adalah pemuda yang sekaligus berkecimpung di usaha budidaya ikan nila sistem bioflok ikut membantu pembuatan aquaponik berbekal pengetahuan dan pengalaman yang beliau dapatkan.

Tentunya dalam proses pembuatan kolam aquaponik ini mahasiswa tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bahan-bahan pembuatan kolam aquaponik memanfaatkan hasil alam sekitar kenagarian Painan Selatan yang tersedia di kampung Sungai Nipah.

Masa pandemi Covid-19 ini kolam aquaponik bisa dilirik selain sebagai usaha dalam membantu ekonomi warga.

Apabila diseriuskan juga bisa menjadi kegiatan bagi masyarakat sebagai pengisi aktivitas dimasa pandemi Covid-19 .

“Kolam aquaponik ini mudah-mudahan bisa memantik keinginan masyarakat painan selatan untuk pemanfaatan lahan kosong yang ada di sekitaran rumah, apalagi di masa pendemi Covid-19 sekarang yang sama-sama dirasakan ini," ujar Novri Ditama Syafni, Ketua Tim Kukerta UNRI Kenagarian Painan Selatan. ( Tribunpekanbaru.com / Nolpitos Hendri )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved