Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Pemko Dumai Serahkan 6166 Kartu BPJS Kesehatan Kepada Masyarakat

Terkait biaya kepesertaan BPJS PBI APBD, Syaiful menerangkan, iurannya dari budget sharing, APBD Dumai 40 persen dan APBD Provinsi 60 persen

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat, untuk itu pemerintah pusat, provinsi hingga kota, terus melakukan peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan. 

Dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar peningkatan kesehatan kepada warganya, Pemko Dumai,  menyerahkan kartu BPJS Kesehatan kepada  6166 warga Dumai, yang  kepesertaan BPJS dipindahkan dari  Mandiri ke PBI APBD Kota Dumai. 

6166 ini yang semula terdaftar sebagai peserta BPJS mandiri tidak sanggup lagi membayar iuran BPJS secara mandiri akibat Pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai  memfasilitasi perpindahan kepesertaan BPJS Mandiri ke PBI dengan syarat, masuk kategori kurang mampu atau miskin serta mau dirawat di kelas III RSUD Dumai.

Penyerahkan kartu BPJS Kesehatan Peserta PBI di Kantor Camat Dumai Barat, Kamis (9/9/2021), diserahkan oleh PJ Sekda Dumai, Syahrinaldi didampingi Plt kadiskes Dumai, dr Syaiful.

Plt Kadiskes Dumai, dr Syaiful mengungkapkan, selama 2020 sebanyak 6166 warga Dumai pindah kepesertaan BPJS Mandiri ke PBI APBD Kota Dumai. Biayanya kini ditanggung oleh Pemerintah melaui budget sharing, APBD Dumai dan APBD Provinsi.

Ia menambahkan,  Dinas Kesehatan Kota Dumai telah melakukan verifikasi data terhadap 6166 jiwa. Mereka telah memenuhi syarat pindah kepesertaan BPJS dari Mandiri ke PBI APBD Kota Dumai, yaitu warga kurang mampu atau miskin dan bersedia dirawat di kelas III RSUD Dumai.

Diakuinya, dengan bertambahnya peserta BPJS PBI-APBD, maka jumlah peserta BPJS PBI-APBD di Dumai hingga Agustus 2021 sebanyak 89.927 jiwa.

"Jumlah peserta BPJS PBI-APBD  hingga Agustus 2021 sebanyak 89.927 jiwa. Sedangkan peserta BPJS PBI-APBN sebanyak 75.387. Sehingga total peserta PBI-APBD dan PBI-APBN sebanyak 165.314 jiwa," jelasnya.

Syaiful menerangkan, Dinas Kesehatan memprediksi warga yang berpindah dari kepesertaan BPJS Kesehatan mandiri menjadi peserta BPJS Kesehatan PBI bakal semakin bertambah pengaruh pandemi Covid-19.

Terkait biaya kepesertaan BPJS PBI APBD, Syaiful menerangkan, iurannya dari budget sharing, APBD Dumai 40 persen dan APBD Provinsi 60 persen. 

"Jadi Iurannya dari budget sharing, APBD Dumai 40 persen dan APBD Provinsi 60 persen. Dan kami sudah menandatangani kerjasama antara BPJS Kesehatan Dumai, jadi masyarakat tidak lagi membayar premi BPJS setiap bulanya," Pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved