Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Saksi Ngaku Diperintah Eks Bupati Kuansing Serahkan Uang Rp500 Juta Ke Orang Mengaku KPK

"Ketika itu dibilang, ini rahasia. Kita-kita saja yang tahu. Ini uang Rp500 juta, kata terdakwa ini uang untuk KPK," ungkap Verdy di persidangan.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang perkara dugaan korupsi yang menjerat mantan Bupati Kuansing, Mursini, mengaku sebagai orang yang mengantarkan langsung uang untuk orang mengaku dari KPK.

Saksi itu adalah Verdy Ananta, mantan Bendahara Pengeluaran Rutin Setdakab Kuansing. Ia sudah berstatus terpidana dalam kasus yang sama dengan yang menjerat Mursini ini.

Verdy Ananta hadir di ruang sidang, di Pengadilan Tipikor Pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, Rabu (8/9/2021).

Ia diperiksa majelis hakim yang diketuai hakim Dahlan, terkait dengan dugaan rasuah 6 kegiatan di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kuansing, dengan anggaran Rp13,3 miliar. Perbuatannya itu disinyalir merugikan negara Rp7 miliar lebih.

Di ruang sidang selain saksi dan majelis hakim, hadir pula tim JPU gabungan Kejati Riau dan Kejari Kuansing serta tim penasehat hukum terdakwa.

Sedangkan terdakwa Mursini, mengikuti sidang dari Rutan Klas I Pekanbaru, tempat dia ditahan.

Saksi Verdy Ananta dalam kesaksiannya mengatakan, ia bertindak sebagai orang yang mengantarkan langsung uang untuk seseorang yang mengaku dari KPK. Ia menyebut terdakwa Mursini yang langsung memerintahkan mengantarkan uang.

"Ketika itu dibilang, ini rahasia. Kita-kita saja yang tahu. Ini uang Rp500 juta, kata terdakwa ini uang untuk KPK," ungkap Verdy di persidangan.

Uang itu sebelumnya, ditukar dulu ke mata uang dollar. Nilainya jika dikurskan ke rupiah Rp500 juta.

Lanjut Verdy, ia dibekali sebuah handphone merk Nokia oleh terdakwa. Di handphone itu, sudah tersimpan satu nomor milik orang mengaku dari KPK untuk dihubungi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved