Breaking News:

Digelar 17 November, Ini Sederet Syarat yang Harus Dipenuhi Balon Kades Jika Ikut Pilkades Serentak

Menurut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD peserta Pilkades serentak ini berasal dari 12 kecamatan, yang telah berakhir masa jabatannya.

Penulis: johanes | Editor: CandraDani

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Pelalawan Riau digelar pada 17 November mendatang.

Sebanyak 61 desa yang akan ikut dalam Pilkades serentak ini.

Desa yang ikut Pilkades serentak ini merupakan Kepala Desa (Kades) yang telah berakhir masa jabatannya berasal dari 12 kecamatan, sesuai dengan keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Tahapan Pilkades telah dimulai sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan yang disampaikan DPMD.

Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) harus mengikuti tahapan tersebut dan menyiapkan semua berkas persyaratan.

"Tahapan pendaftaran akan dimulai dari tanggal 18 sampai 26 September ini. Untuk tahap pertama. Jika ada perpanjangan akan kita perpanjang lagi," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Pelalawan, Novri Wahyudi, kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (10/09/2021).

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi para Balon Kades yakni surat pernyataan bertaqwa kepada TYME dan berpegang teguh mengamalkan Pancasila, UUD 1945 serta mempertahankan keutuhan NKRI. Kemudian ijazah SD, SMP, SMA, Diploma, dan Sarjana. Akta kelahiran, surat pernyataan bersedia dicalonkan menjadi Kades, KTP dan KK.

Selanjutnya ada beberapa surat keterangan yakni dari Pengadilan Negeri (PN) bawah tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap dan tidak sedang dicabut hak pilihnya.

Surat keterangan bebas narkoba dari BNNK, berbadan sehat dari RSUD Selasih Pelalawan. Keterangan Balon Kades tidak pernah menjabat Kades selama tiga kali mas jabatan.

"Bebas temuan dari Inspektorat Pelalawan, khusus calon yang berasal dari Kades, perangkat desa, dan Aparatur Sipil Negara," tambah Novri Wahyudi.

Halaman
12
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved